Pengaruh Penerapan Metode Menulis Jurnal Belajar Reflektif di SMK Negeri 1 Turen

Indrasari, Sandra Dwi. 2015. Pengaruh Penerapan Metode Menulis Jurnal Belajar Reflektif di SMK Negeri 1 Turen. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Tuhardjo, S.E.,M.Si,Ak.(2) Ika Putri Larasati, S.E., M.Com.

Kata Kunci : Metode menulis jurnal belajar reflektif dan hasil belajar

Metode pembelajaran merupakan cara atau alat yang digunakan pendidik maupun peserta didik guna mencapai tujuan pembelajaran. Metode menulis jurnal belajar reflektif selain digunakan untuk merekam materi ajar yang telah disampaikan oleh guru, namun dapat juga membantu mengeksplorasi pemikiran siswa yang diketahui dari pengalaman sehari-hari. Metode jurnal belajar reflektif akan membantu siswa didik kesulitan dalam menghadapi soal-soal yang mengandung unsur konsep dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari guna ketercapaian tujuan pembelajaran yang maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif tingkat tinggi (berupa nilai pre test dan post test) siswa kelas X Akuntansi 2 kelas kontrol dan X Akuntansi 3 kelas eksperimen di SMK Negeri 1 Turen, dengan memberikan perlakuan manggunakan metode pembelajaran menulis jurnal belajar reflektif pada pokok bahasan laporan arus kas.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Data penelitian dikumpulkan melalui dokumentasi dan tes. Jenis penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian dua kelompok sampel yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan perlakuan dengan metode menulis jurnal belajar reflektif. Sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode menulis konvensional.
Hasil penelitian dengan judul Pengaruh Penerapan Metode Menulis Jurnal Belajar Reflektif terhadap hasil belajar dapat dikatakan berpengaruh secara signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji t independent sample t test. Hasil tes untuk kelas kontrol sebelum diberikan perlakuan (pre-test) memperoleh nilai rata-rata 65,235 sedangkan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 65,008. Untuk hasil post test pada kelas kontrol dengan rata-rata 84,559 sedangkan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 91,912. Untuk hasil gain score pada kelas kontrol dengan rata-rata 19,912 sedangkan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 26,235. Hasil Uji Independent Sample T Test menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,016. Juga dapat dilihat dari harga t hitung hasil analisis-2,484, dikarenakan nilai t hitung negative maka berarti lebih kecil dari harga t tabel1,67 berdasarkan taraf signifikansi 0,05.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode jurnal belajar reflektif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa secara signifikan. Selain itu dari hasil penelitian ini dapat disarankan agar diadakan peneltian lebih lanjut misalnya pengaruh metode yang serupa terhadap proses belajar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *