Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi SMK Muhammadiyah 3 Singosari

Ardiyanti, Nella. 2015. Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Suparti, M.P. (2) Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd.,M.Si., Ak. CA

Kata kunci : Metode Mind mapping, Hasil Belajar

Penelitian ini berjudul Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Pada SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Penelitian ini berlatar belakang masalah kurangnya pemahaman dan daya ingat peserta didik terhadap pelajaran yang telah diberikan, peserta didik yang mudah lupa, tidak ada timbal balik antar pendidik dengan siswa atau tidak merespon dengan baik juga kurang kreatif dalam belajar khususnya pelajaran Akuntansi.
Paradigma pendidikan di Indonesia saat ini telah megalami perubahan, yaitu perubahan dari teacher centered learning menjadi student centered learning. Proses pendidikan yang awalnya berpusat pada seorang guru yang saat ini mulai berubah menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Perubahan paradigma berarti perubahan sistem atau cara suatu pendidikan berlangsung. Dalam menerapkan konsep student learning, siswa diharapkan sebagai peserta aktif dan mandiri dalam proses belajarnya, bertanggung jawab dan berinisiatif untuk mengenali kebutuhan belajarnya serta menemukan sumber-sumber informasi untuk dapat menjawab kebutuhannya.
SMK Muhammadiyah 3 Singosari sekolah menengah kejuruhan yang terletak di Singosari ini sekolah kejuruhan pertama yang menambahkan nilai-nilai agama islam selain dalam pelajaran umum, sehingga siswa dituntut untuk bekerja atau kuliah dengan akhlak islami.
Di dalam penyampaian ilmu pengetahuan tersebut suatu proses interaksi antara guru dan siswa. Sehingga dalam proses belajar mengajar seorang guru harus mempunyai kemampuan mengajar secara profesional dan terampil dalam menggunakan model, metode, dan media pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar tersebut. Maka guru sebagai pengajar dituntut harus mengusai materi yang akan disampaikan, pandai menciptakan situasi dan kondisi mengajar yang menarik serta kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran yaitu salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi untuk merangsang siswa untuk lebih bersemangat dan termotivasi untuk belajar serta tertarik terhadap materi pelajaran yang disampaikan guru.
Peneliti memilih tempat penelitian yang berada disekitar tempat industri dan juga padat penduduk, daerah sekitar sekolah adalah orang yang punya minat yang tinggi akan minat bekerja dan orangtua mempercayakan anaknya masuk SMK. SMK memiliki beberapa jurusan dan peneliti memilih akuntansi karena peneliti memiliki jurusan yang sama. Pengajaran disana sudah lama menggunakan metode variasi yang sekarang disebut think pair share. Peneliti memilih sasaran penelitian dipilih secara acak dan juga melihat guru pengajar yang mampu menerapkan metode yang peneliti teliti yaitu metode mind mapping, metode yang membutuhkan enam aspek, yakni pengetahuan atau ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. Peserta didik dapat menggunakan mind map untuk mancatat, meringkas, mengarang, merencanakan dan menguraikan soal-soal cerita dalam bentuk diagram maupun bagan sehingga mampu menunjang siswa untuk berpikir analisis dan kreatifitas siswa dalam pembuatan catatan juga dituntut untuk pengembangan pola pikir siswa terhadap belajar, siswa yang dipilih sebagai sasaran atau populasi penelitian adalah siswa kelas XI AK1 dan XI AK2 kedua kelas tersebut memiliki kemampuan yang sama dibagi dua kelas diantaranya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan metode yang dipakai peneliti untuk diteliti atau terdapat perlakuan yang berbeda terhadap kelas kontrol, kelas kontrol tidak diberikan perlakuan pengajaran menggunakan metode mind mapping.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan metode Mind Mapping dibandingkan dengan metode konvensional terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 3 Singosari Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan Quasi eksperimental. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi, ob¬servasi,tes, angket dan dianalisis dengan teknik deskriptif, dan uji statistik.
Pada aspek kemahiran kelas kontrol dan kelas eksperimen sama-sama naik 12,5%, namun dari aspek kesiapan kelas eksperimen naik lebih unggul (25%) dibanding kelas kontrol(12,5%). Rata-rata nilai hasil post test kelas eksperimen lebih tinggi (92,31) dibandingkan kelas kontrol (84,93).
Metode Mind Mapping berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa baik dari segi proses maupun hasil dibandingkan dengan metode think pair share(pengelompokkan, ceramah, tanya jawab dan penugasan). Guru disarankan menerapkan Mind Mapping pembelajaran pada pokok bahasan penyusunan laporan keuangan perusahaan jasa karena telah terbukti mempengaruhi, siswa disaran¬kan belajar mandiri terlebih dahulu sebelum pembelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan ada peneliti selanjutnya untuk dapat mengembangkan kembali metode mind mapping dengan penyampaiannya hasil pembelajaran yang berbeda

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *