Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Permainan Kokami Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Perbankan Smk Muhammadiyah 7 Gondanglegi

Yuliana. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Permainan Kokami Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Perbankan Smk Muhammadiyah 7 Gondanglegi.Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak., (II) Dr. Sri Pujiningsih, S.E M.Si, Ak.

Kata Kunci: discovery learning, media permainan kokami, motivasi belajar, hasil belajar.

Dalam kegiatan pembelajaran guru harus menciptakan proses pembelajaran yang aktif dan efektif. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pembelajaran berbasis saintific model Discovery Learning. Selain menerapkan sebuah model pembelajaran, diperlukan juga media pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa agar kegiatan belajar siswa lebih menyenangkan bagi siswa; diantaranya adalah dengan menggunakan media permainan kokami.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan media permainan kokami terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas X Perbankan. Kelas X Perbankan 1 yang berjumlah 43 Siswa ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas X Perbankan 2 yang berjumlah 46 Siswa ditetapkan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Instrumen tes yang diberikan berupa pretest dan posttest yang diberikan baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen.
Berdasarkan hasil analisis uji t Independen-Samples pada variabel motivasi belajar, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar pada mata pelajaran pengantar akuntansi antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada siswa kelas X Perbankan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Hasil Uji Mann Whitney pada variabel hasil belajar, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar akuntansi antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada siswa kelas X Perbankan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi.
Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya upaya dari guru untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan tentang efektifitas berbagai model dan media pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif, peningkatan sarana dan prasarana oleh pihak sekolah guna memperbaiki kualitas sistem pembelajaran dan fasilitas di sekolah, serta diharapkan agar siswa lebih mandiri dan kreatif dalam mencari dan menggunakan sumber belajar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *