Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Spontaneous Group Discussion dan Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung

Rohidah, Arwati. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Spontaneous Group Discussion dan Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Bambang Sugeng, SE., MA., MM., Ak.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, Akuntansi,

Terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran di kelas. Diantaranya adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi. Siswa menjadi pasif, mereka tidak dapat berpartisipasi secara penuh di kelas. Siswa hanya mampu menguasai sedikit materi dalam pembelajaran. Itulah mengapa guru seharusnya menggunakan model yang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran koperatif dengan teknik spontaneous group discussion dan make a match terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain Quasy Experiment. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-KU 2 sejumlah 40 orang sebagai kelas kontrol dan X-KU 4 sejumlah 40 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Instrument penelitian ini adalah pretest dan posttest.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung karena penggunaan pembelajaran koperatif dengan teknik Spontaneous Group Discussion dan Make a Match. Nilai signifikansi 0,015. Nilai signifikansi ini lebih kecil dari 0,05. Siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *