Pengaruh Penerapan Strategi Think Pair and Share Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kademangan

Rosalina Andriani, Dita. 2016. Pengaruh Penerapan Strategi Think Pair and Share Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kademangan. Skripsi, Prodi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Sriyani Mentari, S.Pd, M.M. Pembimbing (2)Ika Putri Larasati, SE, M.Com

Kata Kunci; Strategi Think Pair and Share, Aktivitas Belajar.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terlalu dominannya peran guru didalam kelas sehingga membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut membuat tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai secara optimal. Dampaknya, pemahaman siswa terhadap materi sangatlah kurang yang ditunjukkan dengan aktivitas belajar yang kurang. Melihat masalah tersebut guru dituntut untuk mampu menciptakan dan menerapkan strategi pembelajaran yang membantu siswa mengkongkretkan materi yang abstrak, serta membuat siswa berpartisipasi aktif di dalam proses pembelajaran guna meningkatkan aktivitas belajar. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah media strategi pembelajaran Think Pair and Share. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Think Pair and Share terhadap aktivitas belajar siswa.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dalam bentuk Pre-Experimental Semu (nodesigns). Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kademangan tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pada SMA Negeri 1 Kademangan Sampel terpilih kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan strategi pembelajaran Think Pair and Share, sedangkan kelas XI IPS 2 diberikan perlakuan model pembelajaran konvensional, Teknik analisis data menggunakan uji-t menggunakan independent-sample T-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Think Pair and Share berpengaruh terhadap aktivitas belajar peserta didik Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol dan nilai sign hasil belajar sebesar 0,000 < 0,05, dan didukung dengan hasil kuesioner yang menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Think Pair and Share membantu siswa dalam memahami materi dan membuat siswa aktif dalam pembelajaran.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *