Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Prestasi Belajar Siswa Terhadap Kesiapan Kerja Siswa (Studi di SMK Negeri 1 Turen, SMK Cendika Bangsa Kepanjen dan SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen)

Purwanti, Juwita Retno Dwi. 2016. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Prestasi Belajar Siswa Terhadap Kesiapan Kerja Siswa (Studi di SMK Negeri 1 Turen, SMK Cendika Bangsa Kepanjen dan SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Endang Sri A, S.E., M.Si., Ak (2) Dr. Hj. Puji Handayati, S.E, M.M, Ak, CA, CMA.

Kata Kunci: Pengalaman Praktik Kerja Industri, Prestasi Belajar Siswa, Kesiapan Kerja Siswa

Kesiapan kerja siswa merupakan tujuan utama sekolah menengah kejuruan yang mengacu pada isi UU No.20 Th 2003 pasal 3 dan 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan lembaga pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Kesiapan kerja dapat dipengaruhi dari beberapa faktor yaitu pengalaman praktik kerja industri dan prestasi belajar. Teori yang mendukung penelitian ini adalah teori konstruktivis sosial yang dikemukakan oleh Vygotsky. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman praktik kerja industri dan prestasi belajar siswa terhadap kesiapan kerja siswa (Studi di SMK Negeri 1 Turen, SMK Cendika Bangsa Kepanjen dan SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen).
Penelitian ini tergolong dalam penelitian explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Turen, SMK Cendika Bangsa Kepanjen dan SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen sejumlah 159 siswa dan dengan teknik proportional random sampling digunakan sampel sebanyak 114 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur pengalaman praktik kerja industri dan kesiapan kerja siswa, sedangkan dokumentasi untuk mengambil data prestasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji f, uji t dan koefisien determinasi dengan bantuan program IBM SPSS Statistic 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif signifikan pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan prestasi belajar siswa terhadap kesiapan kerja siswa. (3) Terdapat perbedaan siggnifikan antara SMK negeri dan SMK swasta. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin baik pengalaman kerja industri dan prestasi belajar siswa yang tinggi maka akan semakin baik dan tinggi pula kesiapan kerja yang diperoleh siswa, begitu pula sebaliknya.
Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi sekolah agar dapat memaksimalkan program praktik kerja industri untuk perkembangan pengalaman yang akan didapatkan siswa. Bagi guru untuk lebih memperhatikan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki siswa sehingga dapat meningkatkan keberhasilan dari segi teori dan praktik. Bagi siswa agar dapat menggunakan ilmu pengetahuannya dengan baik sehingga kesiapan kerja yang dimiliki juga akan semakin baik. Serta untuk peneliti lain agar lebih memperluas variabel penelitian dan menambah jumlah populasi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *