Pengaruh Penggunaan dan Kemudahan Fasilitas E-filing terhadap Tingkat Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Pelaporan SPT Secara Online pada KPP Pratama Batu

Nesya, Sheyla Ken. 2016. Pengaruh Penggunaan dan Kemudahan Fasilitas E-filing terhadap Tingkat Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Pelaporan SPT Secara Online pada KPP Pratama Batu. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Cipto Wardoyo, SE., M.Pd., M.Si., Ak., CA. (II) Dr. H. Tuhardjo, SE., M.Si., Ak

Kata kunci: penggunaan dan kemudahan, e-filing, tingkat kepuasan wajib pajak orang pribadi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh besarnya penggunaan dan kemudahan fasilitas e-filing yang terdiri dari penggunaan dan kemudahan terhadap tingkat kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam pelaporan SPT secara Online pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu.
Penelitian ini menggunakan grand theory Technology Acceptance Model (TAM) yang menjelaskan perilaku menggunakan Teknologi Informasi (TI) diawali oleh adanya persepsi mengenai manfaat (usefulness) dan persepsi mengenai kemudahan menggunakan TI (ease of use). Penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai alat penelitian yang disebar kepada Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Batu.
Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan menggunakan metode incidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu yang menggunakan fasilitas e-filing sebanyak 21.374 (dua puluh satu ribu tiga ratus tujuh puluh empat) Wajib Pajak Orang Pribadi. Sampel yang digunakan adalah 100 Wajib Pajak Orang Pribadi. Instrumen yang digunakan telah memenuhi uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa penggunaan fasilitas e-filing berpengaruh positif terhadap tingkat kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi sebesar 32,30%. Selanjutnya untuk kemudahan penggunaan fasilitas e-filing berpengaruh positif terhadap tingkat kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi sebesar 29,20%.
Saran untuk KPP Pratama Batu adalah (1) Pelaksanaan pelaporan SPT secara online melalui fasilitas e-filing perlu dijaga dan ditingkatkan, (2) Agar memberikan surat himbauan kepada Wajib Pajak untuk dapat melaporkan SPT Tahunannya secara online menggunakan fasilitas e-filing, (3) Membuat suatu sistem yang memungkinkan pengguna / Wajib Pajak mendapatkan e-FIN secara online. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah (1) diharapkan dapat meningkatkan nilai koefisien determinasi dengan meneliti variabel lain yang berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak orang pribadi, (2) agar dilengkapi dengan teknik pengumpulan data melalui instrumen penelitian wawancara sehingga hasil yang diberikan dapat lebih akurat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *