Pengaruh Penggunaan Literatur Jurnal Terhadap Motivasi Meneliti Mahasiswa Akuntansi

Ayu Anggraini, Winda. 2017. Pengaruh Penggunaan Literatur Jurnal Terhadap Motivasi Meneliti Mahasiswa Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA.

Kata kunci: Literatur Jurnal, Motivasi Meneliti

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh literatur jurnal terhadap motivasi meneliti mahasiswa akuntansi. Penggunaan jurnal ilmiah sebagai literatur dinilai mampu meningkatkan pengetahuan terutama berkaitan dengan riset. Meskipun perpustakaan telah melanggan dan menyediakan akses jurnal, mahasiswa mengalami hambatan-hambatan ketika menggunakan jurnal. Namun di sisi lain penggunaan jurnal merupakan faktor penting yang dapat meningkatkan motivasi meneliti mahasiswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi yaitu menguji pengaruh antara variabel independen dan variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan akuntansi angkatan tahun 2013 yang berjumlah 377 orang. Kemudian sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 194 mahasiswa dengan menggunakan rumus slovin. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dan instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner atau angket. Analisis data yang digunakan menggunakan uji regresi linier sederhana dengan tingkat signifikansi sebesar 5%.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara penggunaan literatur jurnal terhadap motivasi meneliti mahasiswa. Sig menunjukkan 0,00 sehingga sig<0,05 maka terbukti adanya pengaruh. Melalui hasil R square diketahui bahwa nilai 0,431. Hal ini menunjukkan variabel independen penggunaan literatur jurnal sebesar 43% berpengaruh terhadap variabel dependen motivasi meneliti mahasiswa akuntansi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *