Pengaruh Penggunaan Media Mobile Learning Berbasis Android dengan Aplikasi Akuntansi UKM terhadap Konsentrasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Kediri

Solichah, Syari Fatu. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Mobile Learning Berbasis Android dengan Aplikasi Akuntansi UKM terhadap Konsentrasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Kediri. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: Mobile Learning, Android, Akuntansi UKM, Konsentrasi, Hasil Belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran mobile learning berbasis android dengan aplikasi Akuntansi UKM dibandingkan dengan aplikasi Microsoft Excel terhadap peningkatan konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Kediri.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi, dengan desain non-equivalen control grup design dan model pre test-post test control grup designs.populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Kediri yang berjumlah 188 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 2 dan Akuntansi 3 yang menjadi kelas eksperimen dan kelas control berjumlah masing-masing 36 siswa. Pemilihan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan dengan teknik pengambilan simple random sampling.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh media mobile learning berbasis android dengan aplikasi Akuntansi UKM terhadap konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil angket pada 36 siswa kelas eksperimen terdapat 42% siswa yang memperoleh kategori sangat konsentrasi, 36% siswa yang memperoleh kategori konsentrasi, 16% siswa yang memperoleh kategori cukup konsentrasi dan 6% siswa yang memperoleh kategori kurang konsentrasi. Pada kelas kontrol hanya terdapat 19% yang memperoleh kriteria sangat konsentrasi , 56% siswa memperoleh kriteria konsentrasi, 22% siswa yang cukup konsentrasi dan 3% siswa yang kurang konsentrasi. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test pada 36 siswa kelas eskperimen terdapat 83% yang memperoleh kriteria sangat baik dan 17% siswa yang baik. Pada kelas kontrol hanya terdapat 78% yang memperoleh kriteria sangat baik dan 22% siswa yang cukup baik. Jika dibandingkan, kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Ini artinya bahwa terdapat pengaruh penggunaan media mobile learning berbasis android terhadap konsentrasi dan hasil belajar siswa.
Dari hasil penelitian ini penulis dapat memberikan saran kepada guru untuk terus berinovasi dan kreatif dalam menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan bagi siswa, sedangkan untuk siswa dan pihak sekolah hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi dan sumber belajar yang lain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *