Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014)

Hidayat, Deftaka Jula 2015. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014). Skripsi, Jurusan, Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. (I) Dr. Dyah Aju Wardhani, M.Si., Ak, (II) Diana Tien Irafahmi, S.Pd, M.Ed.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Kinerja Keuangan Perusahaan dan Kepemilikan Manajerial

Corporate Social Responsibility (CSR) semakin populer digunakan sejak tahun 1990-an. Kesadaran mengenai pentingnya CSR akan membawa dampak positif bagi peningkatan motivasi perusahaan untuk melaksanakan tanggung jawab sosialnya. CSR dapat memberi manfaat positif terhadap perusahaan terutama dalam jangka panjang. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menjelaskan pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan dan untuk menjelaskan pengaruh kepemilikan manajerial dapat memoderasi pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan tahunan perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012-2014 yang memublikasikan laporan tanggung jawab sosial tahun 2012-2014 dan berpartisipasi dalam Corporate Governance Perception Index (CGPI) yang diselenggarakan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG). Teknik análisis data yang digunakan yaitu Moderated Regresi Analysis (MRA), yaitu aplikasi khusus regresi linier berganda yang dalam persamaannya mengandung unsur interaksi (perkalian dua atau lebih variabel independen)
Dari hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan analisis Moderated Regresi Analysis (MRA) yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan Corporate Social Responsibilit (CSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan semakin meningkatnya Corporate Social Responsibilit (CSR) maka kinerja keuangan perusahaan akan mengalami peningkatan. Kepemilikan manajerial dapat memoderasi pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *