Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Pemoderasi

Adriel, Krisnawan. 2016. Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembibing : (I)Dr. Sunaryanto, M.Ed.
(II)Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si. , Ak .

Kata Kunci : Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial, Kinerja Perusahaan, Manajemen Laba

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menemukan bukti empiris tentang pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial terhadap kinerja perusahaan dengan manajemen laba sebagai variabel pemoderasi.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 perusahaan yang terdaftrar di Indonesia Stock Excange (IDX) pada tahun 2012-2014 dan menerbitkan Sustainability Report sejak tahun 2012-2014. Penelitian ini menggunalan metode analisis regresi linear sederhana untuk hipotesis 1 dan analisis regresi linear berganda dengan Moderate Regresi Analysis untuk hipotesis 2.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Analisis variabel pemoderasi denganmoderate regresi analysis menunjukkan bahwa manajemen laba tidak dapat memoderasi hubungan antara pengungkapan tanggung jawab sosial dan kinerja perusahaaan. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk penambahan jangka waktu penelitian, penambahan sampel dari perusahaan yang tidak menerbitkan sustainability report, dan penambahan variabel kontrol. Disarankan bagi stakeholder untuk tidak menggunakan CSR sebagai penilai keberhasilan kinerja keuangan perusahaan, dan tidak menilai pengungkapan CSR sebagai perlindungan atas tindakan manajemen laba.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *