Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa

Andrameda, Fadila. 2017. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M. Pd, M. Si. Ak, CA.

Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Pergaulan Teman Sebaya, Hasil Belajar.

Pendidikan dapat dimaknai sebagai suatu proses pembelajaran untuk membantu manusia dalam mengembangkan dan menggali potensi yang ada dalam dirinya sehingga mampu menghadapi berbagai macam perubahan yang terjadi. Proses belajar mengajar dapat dikatakan berhasil jika dilaksanakan secara efektif dan efisien untuk memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Hasil belajar dapat dijadikan tolok ukur untuk mengetahui keberhasilan belajar siswa. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berkaitan dengan proses belajar. Dalam penelitian ini faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya adalah perhatian orang tua dan pergaulan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa (2) pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini tergolong dalam penelitian explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Turen dan XI IPS SMA Negeri 1 Turen dengan jumlah 261 siswa dan dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling sehingga digunakan sebanyak 158 siswa sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur variabel perhatian orang tua dan pergaulan teman sebaya, sedangkan dokumentasi untuk mengambil data hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif signifikan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat sig. sebesar 0.001 < 0,05 (2) terdapat pengaruh positif signifikan pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat sig. sebesar 0,008 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi perhatian orang tua dan pergaulan teman sebaya maka semakin tinggi pula hasil belajar yang diperoleh siswa, begitu juga sebaliknya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *