Pengaruh Persepsi Guru tentang Sertifikasi dan Lingkungan Sekolah terhadap Profesionalitas (Studi pada Guru SMA Negeri 2 Pasuruan dan SMK Negeri 1 Pasuruan)

Destiyanti, Nabila. 2016. Pengaruh Persepsi Guru tentang Sertifikasi dan Lingkungan Sekolah terhadap Profesionalitas (Studi pada Guru SMA Negeri 2 Pasuruan dan SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd, M.Si. Ak, CA. (II) Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.Sa., Ak.

Kata kunci: Persepsi Guru tentang Sertifikasi, Lingkungan Sekolah, Profesionalitas.

Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting untuk menunjang berdirinya suatu bangsa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu memperbaiki mutu pendidikan. Seiring dengan perkembangan pendidikan, terdapat banyak faktor-faktor penunjang keberhasilan pendidikan. Diantara sekian banyak faktor-faktor tersebut, peran guru merupakan salah satu faktor yang sangat penting dan berengaruh terhadap keberhasilan pendidikan. di zaman yang serba canggih, dimana kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi begitu pesat, profesionalitas di bidang pendidikan merupakan tuntutan dan keharusan. Keprofesionalan seorang guru juga harus ditunjang dengan lingkungan sekolah yang mendukung tugas profesinya. Dengan dikeluarkannya kebiajakan pemerintah yang tertuang dalam Undang-Undang No. 14 tentang Guru dan Dosen yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas guru, juga menjanjikan jaminan perbaikan kesejahteraan guru, jaminan sosial serta hak dan kewajiban guru. Jika ini benar-benar terwujud, maka diharapkan mampu meningkatkan profesionalitas guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi guru tentang sertifikasi terhadap profesionalitas dan pengaruh lingkungan sekolah terhadap profesionalitas.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanasi. Populasi dari penelitian ini adalah semua guru dari SMA Negeri 2 Pasuruan dan SMK Negeri 1 Pasuruan yang sudah tersertifikasi sejumlah 100 orang guru. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi guru tentang sertifikasi (X1), lingkungan sekolah (X2) dan profesionalitas (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar guru di SMA Negeri 2 Pasuruan dan SMK Negeri 1 Pasuruan mempunyai persepsi yang baik terhadap program sertifikasi yang ditunjukkan dengan skor rata-rata (mean) sebesar 49,92. Lingkungan Sekolah mempunyai kualifikasi yang baik yang ditunjukkan dengan skor rata-rata (mean) sebesar 64,94. Profesionalitas guru di SMA Negeri 2 Pasuruan dan SMK Negeri 1 Pasuruan mempunyai kualifikasi yang baik pula ditunjukkan dengan skor rata-rata (mean) 77,85. Adanya pengaruh persepsi guru tentang sertifikasi terhadap profesionalitas ditunjukkan dari nilai thitung 5,502 ˃ ttabel 0,195 dan juga signifikan 0,000 ≤ 0,05, nilai koefisien regresi sebesar 0,644 dan besarnya pengaruh dapat dilihat dari nilai R2 sebesar 27,75%. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa adanya pengaruh persepsi guru tentang lingkungan sekolah terhadap profesionalitas ditunjukkan dari nilai thitung 4,480 ˃ ttabel 0,195 dan juga signifikan 0,000 ≤ 0,05, nilai koefisien regresi sebesar 0,622 dan besarnya pengaruh dapat dilihat dari nilai R2 sebesar 23,76%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sertifikasi berpengaruh positif signifikan terhadap profesionalitas sehingga sertifikasi dapat dijadikan salah satu tolok ukur untuk meningkatkan profesionalitas. Kedua, lingkungan sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap profesionalitas. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan: (1). Para guru diharapkan dengan adanya program sertifikasi ini bisa memotivasi untuk menambah kualitas profesionalitasnya (2). Semua sekolah terus meningkatkan lingkungan sekolah baik dari segi sarana dan prasarana (3). Kepala sekolah perlu mengadakan pengawasan kinerja secara kontinu untuk menjaga dan meningkatkan profesionalitas guru.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *