Pengaruh Persepsi Siswa tentang Pemanfaatan Gadget Smartphone dan Fasilitas Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi di SMK Swasta Kota Malang

Wikandari,Yarrosikha. 2016. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Pemanfaatan Gadget Smartphone dan Fasilitas Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi di SMK Swasta Kota Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Dr.Sunaryanto,M.Ed. (II) Dr.Sri Pujiningsih, S.E.,M.Si.,Ak
Kata Kunci : Persepsi Siswa tentang Pemanfaatan Gadget smartphone, Fasilitas Belajar di Sekolah, Hasil Belajar
Hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor intern maupun ekstern. Faktor intern berasal dari dalam diri siswa, sedangkan faktor ekstern berasal dari diri luar siswa. Hasil observasi ditemukan bahwa setiap siswa memiliki persepsi yang berbeda-beda tentang pemanfaatan smartphone dan fasilitas belajar di sekolah. Selain itu ditemukan hasil belajar siswa tergolong kategori baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang pemanfaatan gadget smartphone (X1) dan fasilitas belajar di sekolah (X2) terhadap hasil belajar (Y) siswa kelas X-Akuntansi di SMK Swasta Kota Malang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan Explanatory Research. Penelitian ini dilakukan di 6 sekolah SMK Swasta di kota Malang yang terdapat jurusan akuntansi. Diantaranya SMK PGRI 02, SMK PGRI 06,SMK Bina Bangsa, SMK Salahuddin, SMK Ardjuna 01, dan SMK Muhammadiyah 02 Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 87 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner tertutup dengan skala likert 1-5. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dan uji T yang dibantu dengan aplikasi IBM SPSS Statistic 19.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang pemanfaatan gadget smartphone terhadap hasil belajar akuntansi; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi tentang fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar akuntansi. Hal ini berarti semakin siswa memanfaatkan smartphone yang dimiliki untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, maka akan membantu siswa menambah pengetahuan dan hasil belajar yang baik.Semakin fasilitas belajar di sekolah lengkap dan mendukung proses belajar mengajar maka akan memperlancar kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Faktor yang memiliki pengaruh yang besar adalah fasilitas belajar di sekolah. Saran dari penulis yang disampaikan peneliti lain yang melakukan penelitian yang serupa hendaknya menambah variabel baru yang diteliti dan menambah teknik pengumpulan data sehingga dapat memperluas cakupan penelitian.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *