Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Earnings Response Coefficient Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Pemoderasi

Arisanti, Silfina Rizki. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Earnings Response Coefficient Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Pemoderasi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sunaryanto, M.Ed.

Kata Kunci : Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Earnings Response Coefficient, Corporate Social Responsibility.

Earnings Response Coefficient merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur reaksi investor terhadap informasi laba akuntansi. Adanya kandungan laba yang memiliki banyak informasi bagi pemegang saham dalam membuat kebijakan finansial akan menunjukkan earnings response coefficient yang tinggi. Berdasarkan teori sinyal, keuntungan dan kerugian yang dihasilkan oleh perusahaan akan menjadi berita baik dan buruk di pasar modal dan begitupun sebaliknya, sehingga informasi mengenai profitabilitas yang diungkapkan oleh perusahaan dapat menjadi berita baik di pasar modal dan akan menarik minat investor. Selain itu, perusahaan juga mengungkapkan informasi non financial yaitu pengungkapan corporate social responsibility yang akan menjadi bahan pertimbangan keputusan inveastasi di pasar modal. Pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel pemoderasi dikarenakan adanya ketentuan bagi perusahaan pertambangan untuk melaksanakan kewajiban sosial dan lingkungan. Penelitian tentang profitabilitas dan corporate social responsibility terhadap earnings response coefficient masih menghasilkan kesimpulan yang beragam sehingga dilakukan penelitian kembali dengan menambah variabel leverage dan ukuran perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility sebagai pemoderasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap earnings response coefficient serta mengetahui apakah pengungkapan corporate social responsibility mampu memoderasi hubungan antara profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap earnings response coefficient.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi berupa laporan tahunan perusahaan pertambangan secara berturut-turut di BEI pada tahun 2012-2015. Penelitian ini menggunakan uji interaksi atau Moderated Regression Analysis (MRA).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap earnings response coefficient, serta pengungkapan corporate social responsibility tidak mampu memoderasi hubungan antara profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap earnings response coefficient.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *