Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Reputasi KAP, dan Aggressive Tax Avoidance Terhadap Audit Report Lag (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2014)

Sari, Lucia Dwi Kartika. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Reputasi KAP, dan Aggressive Tax Avoidance Terhadap Audit Report Lag (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2014). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sawitri Dwi Prastiti, S.E, M.Si, Ak., (II) Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E, M.Pd, M.Si, Ak, CA.

Kata Kunci: Audit Report Lag, Profitabilitas, Leverage, Reputasi KAP, Aggressive Tax Avoidance.

Tingkat kewajaran laporan keuangan dinilai dari proses audit. Waktu yang dibutuhkan dalam proses audit ini disebut audit report lag. Audit Report Lag (ARL) menunjukkan jumlah interval tanggal laporan keuangan tahunan hingga tanggal laporan keuangan ditandatangani auditor. ARL dapat dipengaruhi berbagai faktor seperti, profitabilitas, leverage, reputasi KAP, dan aggressive tax avoidance. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap audit report lag.
Populasi yang digunakan adalah laporan keuangan perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2011-2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 177 laporan keuangan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan prasyarat uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji model.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel leverage reputasi KAP dan aggressive tax avoidance berpengaruh signifikan terhadap audit report lag. Sedangkan variabel profitabilitas berpengaruh positif tidak signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terdapat keterbatasan penelitian berupa tidak dapat diidentifikasi data mengenai waktu penyerahan laporan keuangan oleh emiten dan nilai adjusted R2 adalah 15%. Oleh kareana itu, disarankan bagi pengguna dan peneliti selanjutnya untuk dapat mengidentifikasi lebih lanjut mengenai waktu penyerahan laporan keuangan perusahaan kepada auditor, dan menambahkan faktor-faktor penelitian lain yang dapat mempengaruhi ARL seperti, fee auditor dan gender auditor.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *