Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Aktiva, Pajak, dan Kepemilikan Manajerial terhadap Keputusan Pendanaan (pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi tahun 2012- 2014 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Daniar, Ester. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Aktiva, Pajak, dan Kepemilikan Manajerial terhadap Keputusan Pendanaan (pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi tahun 2012- 2014 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Program S1 Akuntansi Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Nurika Restuningdiah, S.E, M.Si, AK.CA.

Kata Kunci: Keputusan Pendanaan, Profitabilitas, Pertumbuhan Aktiva, Pajak, dan Kepemilikan Manajerial.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, pertumbuhan aktiva, pajak, dan kepemilikan manajerial terhadap keputusan pendanaan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi peride 2012-2014 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling sebanyak 30 data laporan keuangan tahunan dari 10 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang menerbitkan laporan yang diperoleh dari melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Pengujian menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan alat bantu SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 20 dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji signifikansi dengan tingkat signifikansi 5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 3 variabel berpengaruh positif signifikan dan 1 variabel berpengaruh negatif signifkan terhadap keputusan pendanaan. Tiga variabel yang berpengaruh terhadap keputusan pendanaan meliputi pertumbuhan aktiva, pajak, dan kepemilikan manajerial. Sedangkan, satu variabel yang berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan pendanaan yaitu profitabilitas

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *