Pengaruh Rasio Nilai Pasar dan Karakteristik Perusahaan terhadap Return Saham: Pengujian Book to Market Ratio, Price Earning Ratio, dan Firm Size di BEI

Sari, Endah. 2016. Pengaruh Rasio Nilai Pasar dan Karakteristik Perusahaan terhadap Return Saham: Pengujian Book to Market Ratio, Price Earning Ratio, dan Firm Size di BEI. Pembimbing (1) Dr. H. Cipto Wardoyo S.E, M.Pd, M.Si, Ak, CA (2) Dr. Suparti, M.P.

Kata Kunci : Return Saham, Book to Market Ratio, Price Earning Ratio, Firm Size.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi dari book to market ratio, price earning ratio, firm size dan return saham perusahaan LQ 45 yang listing di BEI tahun 2013-2014. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan book to market ratio, price earning ratio, dan firm size terhadap return saham.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanasi untuk menguji hipotesis yang telah disusun. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 20 perusahaan yang terdaftar dalam Indeks LQ 45 di BEI tahun 2013-2014 dengan teknik sampel purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda dan pengujian asumsi klasik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi return saham, book to market ratio, price earning ratio, dan firm size pada tahun penelitian mengalami tren naik. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel book to market ratio tidak berpengaruh positif signifikan terhadap return saham. Variabel price earning ratio berpengaruh positif signifikan terhadap return saham. Variabel firm size berpengaruh positif signifikan terhadap return saham peusahaan LQ 45 yang listing di BEI.
Penelitian selanjutnya diharapkan dapat dilakukan pengembangan dengan lebih mengaitkan penelitian dengan hipotesis pasar efisien, karakteristik dari investor dan kondisi eksternal diluar perusahaan karena ketiga hal tersebut juga memberikan pengaruh terhadap hasil penelitian.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *