Pengaruh Return on Asset, Free Cash Flow dan Managerial Ownership terhadap Dividend Payout Ratio (Studi pada Perusahaan Go Public yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2013)

Solikah, Luluk .S.P. 2016. Pengaruh Return on Asset, Free Cash Flow dan Managerial Ownership terhadap Dividend Payout Ratio (Studi pada Perusahaan Go Public yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2013). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sulastri, S.Pd., M.SA, (II) Sriyani Mentari, S.Pd., M.M.

Kata Kunci: Return on Asset, Free Cash Flow, Managerial Ownership, Dividend Payout Ratio

Kebijakan dividen merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena kebijakan tersebut berkaitan erat dengan keberlangsungan hubungan keagenan antara pihak manajemen perusahaan dengan para pemegang saham. Salah satu hal yang berkaitan dengan kebijakan dividen adalah mengenai kebijakan dalam menentukan rasio pembayaran dividen. Para pemegang saham tentunya mengharapkan rasio pembayaran dividen yang tinggi sebagai imbal hasil atas investasi yang mereka lakukan. Untuk mencapai tujuan tersebut mereka perlu memperhatikan faktor-faktor yang diduga dapat mempengaruhi rasio pembayaran dividen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Return on Asset, Free Cash Flow dan Managerial Ownership terhadap rasio pembayaran dividen. Sampel dari penelitian adalah 30 perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2012-2013 dan memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Pengujian variabel dalam penelitian ini menggunakan model analisis regresi linier berganda dengan level of significant sebesar 5%. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sehingga hasil penelitian tidak dapat digeneralisasi dan hanya berlaku pada perusahaan yang menjadi sampel penelitian.
Hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai p-value pada kolom sig. dari ketiga variabel lebih besar dari level of significant yang telah ditentukan, yaitu ROA sebesar 0,717, FCF sebesar 0,361 dan Managerial Ownership sebesar 0,276. Hasil tersebut menolak hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa Return on Asset, Free Cash Flow dan Managerial Ownership berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio, sehingga dapat disimpulkan bahwa tinggi rendahnya tingkat Return On Asset, Free Cash Flow dan Managerial Ownership di dalam sebuah perusahaan tidak mempengaruhi tinggi rendahnya rasio pembayaran dividen. Saran yang dapat diberikan untuk peneliti selanjutnya adalah menglasifikasikan perusahaan yang akan dipilih menjadi sampel penelitian sesuai dengan karakteristik yang dimiliki.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *