Pengaruh ROE, Ukuran Perusahaan, DER dan Reputasi KAP terhadap Audit Report Lag Studi Pada Perusahaan Real Estate and Property yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014)

Sulistiawati, Rani. 2016. Pengaruh ROE, Ukuran Perusahaan, DER dan Reputasi KAP terhadap Audit Report Lag Studi Pada Perusahaan Real Estate and Property yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Dr. Dodik Juliardi, S.E., M.M., Ak. Pembimbing (II): Sriyani Mentari, S.Pd., M.M.

Kata Kunci: ROE, ukuran perusahaan, DER, reputasi KAP, Audit Report Lag

Laporan keuangan merupakan salah satu hal terpenting bagi suatu perusahaan terutama para penggunanya untuk melihat kondisi suatu perusahaan. Ketepatan waktu dalam menyampaikan keuangan menjadi salah satu hal yang penting pula karena dapat mempengaruhi para investor maupun para pengguna laporan keuangan lainnya dalam mengambil keputusan. Ketepatan waktu ini dapat dilihat dari panjang pendeknya Audit Report Lag yang dihitung mulai dari tanggal tutup buku hingga tanggal yang tercantum dalam laporan auditor independen.
Populasi dalam penelitian ini seluruh perusahaan sektor real estate and property yang terdaftar di BEI tahun 2011-2014 yang berjumlah 207 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 perusahaan yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini berjenis kuantitatif dan berasal dari data sekunder yaitu laporan keuangan serta laporan auditor independen yang dapat diakses melalui www.idx.co.id serta melalui Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Selanjutnya, data dianalisis menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan 1) ROE berpengaruh negatif signifikan terhadap Audit Report Lag, sehingga ketika tingkat ROE naik maka Audit Report Lag akan semakin pendek atau singkat; 2) ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap Audit Report Lag, sehingga ketika ukuran perusahaan semakin besar maka Audit Report Lag akan semakin singkat; 3) DER tidak berpengaruh signifikan terhadap Audit Report Lag, sehingga semakin tinggi maupun rendahnya tingkat DER tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap panjang pendeknya Audit Report Lag; 4) reputasi KAP berpengaruh positif signifikan terhadap Audit Report Lag. KAP yang berafiliasi dengan KAP The Big Four akan melakukan penyelesaian audit lebih panjang daripada KAP yang tidak berafiliasi dengan KAP The Big Four. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah adanya data outliers yang membuat data tidak normal, maka data outliers tersebut dihilangkan sehingga jumlah sampel menjadi 33 perusahaan. Selain itu nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 13% yang berarti variabel independen secara simultan hanya memiliki pengaruh sebesar 13%, sedangkan 87% sisanya dipengaruhi oleh variabel independen lainnya. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel-variabel independen lain atau mengganti objek penelitian seperti perusahaan sektor pertambangan atau jasa.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *