Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2014

Nuroh, Lukhi Ati, 2016. Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2014. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Puji Handayati, S.E., M.M., Ak, CA, CMA. (2) Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M. Si., Ak.

Kata Kunci: Nilai Perusahaan, struktur modal, pertumbuhan perusahaan dan Corporate Social Responsibility

Peningkatan nilai perusahaan sangat penting karena memcerminkan kinerja perusahaan yang dapat dilihat dari kinerja keuangan atau kinerja sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh struktur modal, pertumbuhan perusahaan dan pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan yang ada di Indonesia, dimana nilai perusahaan diukur dengan Per Book Value (PBV).
Populasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2012 sampai tahun 2014. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive samping. Total sampel penelitian adalah 13 perusahaan dengan tiga tahun pengamantan. Jadi total sampel yang diteliti adalah 39 perusahaan. Analisis data yang dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) struktur modal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (2) variabel pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan (3) Pengungkapan Corporate Social Responsibility berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Keterbatasan penelitian ini adalah variabel struktur modal, pertumbuhan perusahaan dan pengungkapan CSR hanya berpengaruh 15,1% terhadap nilai perusahaan sehingga disarankan untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan atau menambah variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Terdapat unsur subjektifitas dalam menentukan indeks pengungkapan sehingga dapat menimbulkan persepsi yang berbeda pada setiap peneliti sehingga disarankan untuk penelitian selanjutnya menggunakan pedoman pengungkapan CSR terbaru

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *