Pengaruh Temuan Audit dan Opini Audit Oleh BPK Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di JawaTimur

Putri, Amanda Nilna. 2017. Pengaruh Temuan Audit dan Opini Audit Oleh BPK Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di JawaTimur. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Eka Ananta Sidharta, S.E, M.M. C.A.

Kata Kunci : Teori Keagenan, Good Governance, Temuan Audit, Opini Audit, Efrktifitas, Kinerja Keuangan

Pemerintah Daerah merupakan organisasi non laba terbesar di sektor publik yang keuangannya bersumber dari publik sehingga menimbulkan konsekuensi untuk dipertanggungjawabkan kepada publik. Berdasarkan hal tersebut, kinerja keuangan Pemerintah Dareah menjadi perhatian bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Sesuai dengan teori keagenan dimana Pemerintah sebagai agent dituntut untuk memberikan informasi yang bertanggung jawab kepada masyarakat sebagai principal mengenai laporan keuangan melalui pemeriksaan yang dilakukan oleh badan yang berwenang. Pemerintah Daerah dituntut untuk mengelola keuangannya dengan hemat, efisien, dan efektif sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.
Pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK untuk memeriksa dan mengawasi pengelolaan keuangan Negara, menjadi salah satu bentuk penerapan Good Governance sebagai upaya untuk mewujudkan akuntabilitas dan transparansi dari pengelola keuangan Negara dan opini audit dari BPK menjadi suatu penilaian atas kinerja keuangan Pemerintah. Selain itu, kinerja keuangan pemerintah yang efektif juga merupakan bentuk dari penerapan karakteristik Good Governance yang harus dilaksanakan oleh pemerintah. Penelitian yang dilakukan Sadjiarto (2000) mengungkapkan bahwa dengan tercapainya Good Governance maka akan meningkatkan kinerja keuangan Pemeirntah Daerah.
Penelitian ini meneliti pengaruh temuan audit atas ketidak patuhan terhadap perundang-undangan yang berlaku dan opini audit oleh BPK terhadap efektifitas kinerja keuangan Pemerintah Daerah. Berdasarkan perhitungan pada analisis penelitian, dapat disimpulkan bahwa semakin besar pencapaian efektifitas penggunaan pendapatan untuk dana belanja, maka temuan audit akan semakin kecil dengan begitu hipotesis pertama yang menyatakan bahwa temuan audit berpengaruh negative signifikan terhadap efektivitas kinerja keuangan Pemerintah Daerah diterima.
Selain itu, berdasarkan deskripsi hasil penelitian, dapat diketahui bahwa semakin tinggi tingkat pencapaian efektivitas kinerja keuangan Pemerintah Daerah, maka opini yang di dapat semakin baik dan apabila tingat pencapaian semakin rendah, maka opini yang di dapat akan menurun. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa opini audit oleh BPK berpengaruh negative terhadap efektivitas kinerja keuangan Pemerintah Daerah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *