Pengaruh Tingkat Financing to Deposit Ratio (FDR), Non Performing Financing (NPF), dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Tingkat Profitabilitas Bank Umum Syariah

AB, Adi Haris Rosyid. 2017. Pengaruh Tingkat Financing to Deposit Ratio (FDR), Non Performing Financing (NPF), dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Tingkat Profitabilitas Bank Umum Syariah. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: Financing to Deposit Ratio (FDR), Non Performing Financing (NPF), Capital Adequacy Ratio (CAR), Profitabilitas.

Bank syariah merupakan lembaga intermediasi ekonomi yang menjalankan kegiatan operasioanalnya berdasarkan hukum Islam. Pembiayaan merupakan salah satu tugas utama perbankan dengan menggunakan dana yang telah dihimpun dari masyarakat. Pembiayaan yang efektif akan meningkatkan profitabilitas bagi bank. Risiko yang timbul dari pembiayaan berupa kredit macet yang dapat menurunkan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh FDR, NPF, dan CAR terhadap Profitabilitas. Grand theory yang digunakan dalam penelitian ini adalah anticipated income theory dan teori sinyal.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 33 laporan keuangan tahunan yang bersumber dari 11 bank syariah yang terdaftar di BI tahun 2013-2015. Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 30 laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan data adalah dokumentasi yang bersumber dari website masing-masing bank. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda yang diolah dengan menggunakan software SPSS 22.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa FDR berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, NPF berpengaruh negative dan signifikan terhadap profitabilitas, dan CAR berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Secara simultan FDR, NPF, dan CAR berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu penelitian ini hanya menjelaskan pengaruh variabel FDR, NPF, dan CAR terhadap profitabilitas sementara itu masih banyak varibel-variabel lain yang mempengaruhi profitabilitas. Maka, saran untuk peneliti selanjutnya yaitu diharapkan dapat mengembangkan variabel lain yang diduga mempengaruhi profitabilitas.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *