Pengaruh Transfer Pricing terhadap Perencanaan Pajak Bagi Perusahaan Multinasional Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014

Ratnaningsih, Lisa Yustiinnah E.W. 2016. Pengaruh Transfer Pricing terhadap Perencanaan Pajak Bagi Perusahaan Multinasional Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Nujmatul Laily, S.Pd., M. SA. Pembimbing (2) Ika Putri Larasati, S.E., M.com.

Kata Kunci: Transfer Pricing, Perencanaan Pajak, Perusahaan Multinasional

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi dari transfer pricing dan perencanaan pajak perusahaan multinasional sektor mnufaktur yang listing di BEI tahun 2011-2014. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji pengaruh transfer pricing terhadap perencanaan pajak perusahaan multinasional.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanasi untuk menguji hipotesis yang telah disusun. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 23 perusahaan multinasional sektor manufaktur yang yang terdaftar di BEI tahun 2011-2014 dengan teknik sampel purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan pengujian asumsi klasik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji t.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi transfer pricing lebih kecil dari alfa dan koefisien variabel transfer pricing bernilai negatif, sedangkan hipotesis penelitian menyatakan transfer pricing berpengaruh positif terhadap perencanaan pajak perusahaan multinasional. Hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel transfer pricing tidak berpengaruh terhadap perencanaan pajak bagi perusahaan multinasional. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat dilakukan pengembangan dengan menambah variabel yang berpengaruh terhadap perencanaan pajak. Selain itu, pada penelitian selanjutnya dapat menggunakan ukuran kualitatif dalam mengukur transfer pricing.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *