Pengaruh Ukuran KAP, Audit Report Lag, Pertumbuhan Perusahaan dan Pergantian Manajemen terhadap Voluntary Auditor Switching pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010-2015

Sari, Fepriana Livi. 2016. Pengaruh Ukuran KAP, Audit Report Lag, Pertumbuhan Perusahaan dan Pergantian Manajemen terhadap Voluntary Auditor Switching pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010-2015. Skripsi, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Dodik Juliardi, S.E, M.M, Ak.,
Kata kunci : Ukuran KAP, Audit Report Lag, Pertumbuhan Perusahaan Pergantian Manajemen, Voluntary Auditor Switching

Voluntary auditor switching merupakan pergantian KAP diluar dari peraturan pemerintah (mandatory). Banyak faktor yang mempengaruhi pergantian KAP secara voluntary. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran KAP, audit report lag, pertumbuhan perusahaan dan pergantian manajemen terhadap voluntary auditor switching.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan manufaktur yang listing di BEI tahun 2010-2015, yaitu sebanyak 118 perusahaan. Dengan jumlah sampel sebanyak 34 perusahaan, yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logistik jenis binary (dua kategori).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ukuran KAP berpengaruh signifikan negatif terhadap voluntary auditor switching, (2) audit report lag berpengaruh signifikan positif terhadap voluntary auditor switching, (3) pertumbuhan perusahaan berpengaruh signifikan positif terhadap voluntary auditor switching, (4) pergantian manajemen berpengaruh signifikan negatif terhadap voluntary auditor switching.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *