Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Struktur Aktiva terhadap Struktur Modal (Sudi Pada Perusahaan Pertambangan yang Listing Di BEI Periode 2012-2014)

Widiarti, Dian. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Struktur Aktiva terhadap Struktur Modal (Sudi Pada Perusahaan Pertambangan yang Listing Di BEI Periode 2012-2014). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Hj. Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak. (II) Dr. Dodik Juliardi, S.E., M.M., Ak.

Kata Kunci: ukuran perusahaan, profitabilitas, struktur aktiva, struktur modal

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya, banyak perusahaan pertambangan yang beroprasi di wilayah negara Indonesia. Perusahaan pertambangan lebih sering berkaitan dengan aktivitas barang-barang modal (alat-alat berat), sehingga dalam menjalakan usahanya perusahaan memerlukan struktur modal yang optimal. Kombinasi hutang dan modal sendiri merupakan dasar penghimpunan modal oleh perusahaan. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian tentang pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan struktur aktiva terhadap struktur modal pada perusahaan pertambangan yang listing di BEI 2012-2014.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan pertambangan yang listing berturut-turut dan mempublikasikan laporan keuangan di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh dengan 36 perusahaan yang listing dan mempublikasikan laporan keuangan secara berturut-turut di BEI. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh dengan nilai sig (0,506)>0,05, variabel profitabilitas tidak berpengaruh dengan nilai sig (0,924)>0,05, dan variabel struktur aktiva tidak berpengaruh dengan nilai sig (0,394)>0,05 dan secara simultan variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, dan struktur aktiva tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel struktur modal. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada perusahaan sebaiknya perusahaan atau pihak manajer sebelum menetapkan kebijakan struktur modal untuk lebih mempertimbangkan keseimbangan antara aset dengan hutang, sehingga struktur modal perusahaan menjadi optimal, dan untuk peneliti selanjutnya agar menambahkan sampel penelitian dan variabel-variabel yang lain yang dapat mempengaruhi struktur modal, seperti pertumbuhan penjualan, sikap manajemen dan skala perusahaan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *