Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Keuangan Menengah Pokok Bahasan Liabilitas

Lailiyah, Nurul. 2016. Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Keuangan Menengah Pokok Bahasan Liabilitas. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak., C.A., (II) Drs. H. Sumadi, S.E., M.M.

Kata Kunci: Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android, Media Pembelajaran.

Pengembangan aplikasi mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran merupakan salah satu langkah untuk memanfaatkan teknologi canggih yang sedang berkembang pesat dan sangat digemari oleh mahasiswa yaitu smartphone bersistem operasi android. Pembuatan aplikasi mobile learning dirancang dan ditampilkan dengan semenarik mungkin agar mampu mempermudah mahasiswa dalam mempelajari materi akuntansi keuangan menengah pokok bahasan liabilitas. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa aplikasi mobile learning berbasis android dan menguji kelayakan produk tersebut sebagai media pembelajaran akuntansi keuangan menengah pokok bahasan liabilitas.
Model pengembangan produk media pembelajaran ini menggunakan modifikasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari analisis kebutuhan, penyusunan produk awal, validasi ahli, revisi I, uji coba terbatas, revisi II, dan produk akhir. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa skor angket penilaian validasi yang dianalisis secara deskriptif prosentase. Data kualitatif berupa kritik dan saran dari validator yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan revisi produk yang dikembangkan. Validas isi produk dilakukan dengan menggunakan angket yang dilengkapi skala penilaian berdasarkan skala likert.
Produk akhir yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah berupa aplikasi bereksistensi (.apk) yang dapat dijalankan di smartphone bersistem operasi android. Produk akhir berupa aplikasi ini kemudian dapat diakses oleh siapapun dengan mengunduh aplikasi melalui Google Play Store yang tersedia pada smartphone bersistem operasi android. Aplikasi memuat materi yang disajikan dalam bentuk penjelasan dengan dilengkapi contoh soal dan ilustrasi berupa gambar. Selain itu aplikasi juga memuat kuis berupa soal pilihan ganda sebagai latihan pemahaman mahasiswa. Penyajian materi juga dilengkapi dengan video sebagai penguatan materi bagi pengguna/mahasiswa. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan diperoleh nilai dari ahli media sebesar 94,64%, ahli materi sebesar 97,66%, dan hasil uji coba terbatas sebesar 84,33%. Hal ini menunjukkan bahwa jika dihitung secara keseluruhan maka media yang dikembangkan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 92,21% yang artinya adalah aplikasi mobile learning berbasis android sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *