Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi berbasis Quipper School Materi Pokok Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Lestari, Tri Asih N. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi berbasis Quipper School Materi Pokok Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sunaryanto, M.Ed, (II) Hj. Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: Bahan ajar, quipper school, laporan keuangan perusahaan jasa

Berdasarkan hasil observasi, peneliti menemukan bahwa sarana dan prasarana belajar yang tersedia di SMK Muhammadiyah 05 kepanjen cukup memadai. Diantaranya, tersedia LCD proyektor dan fasilitas internet disemua area sekolah. Selain itu, sebagian besar siswa memiliki telepon seluler dengan fitur canggih seperti Iphone, Blackberry dan Android yang dapat dimanfaatkan untuk mengakses intenet dan menunjang pembelajaran. Namun faktanya hal tersebut belum dimanfaatkan oleh guru. Dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan papan tulis dan buku cetak, peserta didik juga hanya menggunakan smartphone yang meraka miliki untuk mencari tambahan pengetahuan dengan mesin pencari (browser) atau bahkan mencari sesuatu yang tidak berhubungan dengan materi yang disampaikan. Pembelajaran akuntansi dengan materi menyusun laporan keuangan perusahaan jasa pun dirasa memerlukan bahan ajar yang lebih memudahkan siswa dalam membedakan isi masing-masing laporan keuangan. Bahan ajar berbasis Quipper School merupakan salah satu solusi dalam memecahkan permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan serta menguji kelayakan bahan ajar akuntansi berbasis Quipper School dengan materi penyusunan laporan keuangan perusahaan jasa sebagai salah satu bahan ajar yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh langkah pengembangan, antara lain: 1) analisis kebutuhan, 2) pengembangan produk awal, 3) validasi ahli, 4) revisi produk I, 5) uji lapangan terbatas, 6) revisi produk II, dan 7) produk akhir. Jenis data pada penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil validasi analisis menggunakan analisis deskriptif persentase, data kualitatif berupa kritik, saran, dan komentar dari validator. Dalam penelitian ini, data kuantitatif yang diperoleh dari lembar kuesioner penilaian dianalisis, selanjutnya dikonversikan ke data kualitatif dengan menggunakan skala Likert.
Hasil penelitian ini adalah bahan ajar akuntansi berbasis Quipper School pada mata pelajaran akuntansi yang layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. Berdasarkan data hasil validasi diperoleh penilaian dari validasi materi sebesar 87%, validasi media sebesar 93,75%, dan validasi uji coba terbatas sebesar 87,2%. Apabila hasil validasi tersebut dihitung secara keseluruhan, diperoleh rata-rata sebesar 89,32%, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar akuntansi berbasis quipper school materi pokok menyusun laporan keuangan perusahaan jasa dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran kelas X di SMK Muhammadiyah 05 Kepanjen.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *