Pengembangan Buku Ajar Akuntansi Berbasis Scientific Approach untuk SMKN Bisnis dan Manajemen

Safitri, Yuni. 2016. Pengembangan Buku Ajar Akuntansi Berbasis Scientific Approach untuk SMKN Bisnis dan Manajemen. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak., (2) Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: Buku Ajar, Akuntansi Perusahaan Dagang, Scientific Approach

Penerapan Kurikulum 2013 dan pergeseran paradigma belajar berdampak pada perubahan sistem pembelajaran yang lebih menekankan keaktifan peserta didik. Proses pembelajaran di kelas X Akuntansi SMKN 2 Blitar tahun ajaran 2015/2016 masih berpusat pada kehadiran guru, selain itu hasil belajar peserta didik pada pelajaran akuntansi perusahaan dagang masih rendah. Hal tersebut dikarenakan peserta didik kesulitan memahami materi dan belum tersedianya buku ajar yang menjadi pegangan peserta didik yang sesuai Kurikulum 2013. Kegiatan pembelajaran di kelas belum melibatkan peserta didik secara penuh, khususnya terkait pendekatan ilmiah (scientific approach) sesuai Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku ajar akuntansi perusahaan dagang berbasis pendekatan ilmiah (scientific approach) yang layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
Model penelitian dan pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan et al, yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dissemination). Penelitian ini tidak menggunakan tahap penyebaran (dissemination) dikarenakan beberapa keterbatasan. Uji kelayakan buku ajar dilakukan oleh 2 ahli materi dan 1 ahli desain. Uji coba terbatas kepada pengguna buku ajar melibatkan 1 guru dan 21 peserta didik kelas X Akuntansi SMKN 2 Blitar tahun ajaran 2015/2016. Jenis data yang diambil berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Data kualitatif digunakan untuk revisi buku ajar yang dikembangkan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup.
Hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata penilaian 3,98 dari skala 4, hasil validasi ahli desain 3,94 dari skala 4, dan hasil uji coba terbatas diperoleh rata-rata penilaian 3,46 dari skala 4. Secara keseluruhan rata-rata penilaian kelayakan sebesar 3,79 dari skala 4. Sesuai kriteria kelayakan maka dapat disimpulkan buku ajar akuntansi perusahaan dagang yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran akuntansi perusahaan dagang di SMKN 2 Blitar.
Buku ajar akuntansi yang dikembangkan memiliki keunggulan antara lain: 1) buku ajar sesuai kurikulum yang berlaku, 2) uraian materi lebih mendalam, kontekstual, dan bahasa yang komunikatif, 3) memuat nilai karakter dan budaya bangsa, 4) berbasis pendekatan ilmiah (scientific approach) melalui kegiatan 5M, dan 5) soal-soal bervariasi dan tidak monoton. Kelemahan buku ajar adalah materi terbatas sampai pencatatan akuntansi perusahaan dagang, belum dilakukannya uji efektifitas buku ajar, dan nilai budaya bangsa yang diintegrasikan diadaptasi dari nilai budaya di wilayah Jawa Timur, khususnya Blitar. Oleh karena itu, saran untuk penelitian selanjutnya sebaiknya melakukan uji efektifitas terhadap buku ajar serta mengembangkan produk dengan materi yang lebih luas.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *