Pengembangan Buku Kumpulan Model Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa SMK

Taqwa, Alvino Reza. 2016. Pengembangan Buku Kumpulan Model Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa SMK. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sulastri, S.Pd, M. SA. (2) Diana Tien Irafahmi, S.Pd, M. Ed.

Kata Kunci: pengembangan, model pembelajaran, scientific approach.

Guru perlu menjamin terlaksananya implementasi kurikulum 2013 secara efektif dan efisien di sekolah. Menurut Kemdikbud (2011) perubahan mendasar dalam kurikulum 2013 adalah model pembelajaran. Secara mendasar ciri-ciri kurikulum 2013 adalah menuntut kemampuan guru dalam berpengetahuan sedangkan untuk siswa lebih didorong untuk memiliki tanggung jawab kepada lingkungan, kemampuan interpersonal, intrapersonal serta kemampuan berpikir kritis (Kurniasih dan Berlin, 2014:7). Namun hasil wawancara menunjukkan bahwa guru masih kesulitan dalam merancang model pembelajaran berbasis scientific approach. Oleh karena itu dibutuhkan fasilitas atau sarana yang dapat mempermudah guru dalam pengimplementasian model pembelajaran scientific approach. Hasil wawancara responden juga menunjukkan lebih suka membaca literatur, seperti buku dari pada media lainya. Akan tetapi saat ini sedikit sekali ada buku mengenai model pembelajaran scientific approach. Khususnya yang disertai pengaplikasiannya terhadap pembelajaran akuntansi. Berangkat dari permasalahan inilah peneliti mencoba mengembangkan sebuah referensi berupa buku yang berisi kumpulan model pembelajaran scientific approach pada mata pelajaran siklus akuntansi perusahaan jasa SMK.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa buku yang digunakan sebagai referensi guru dalam membuat kegiatan pembelajaran berbasis scientific approach dalam pengimplementasian kurikulum 2013.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE dalam (Lee & Owens 2004). Dengan kegiatan meliputi (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil analisis validitas kepada ahli komponen kegrafikaan menghasilkan persentase 78,80% atas keseluruhan item. Hasil ini menunjukkan bahwa buku ini telah valid, baik segi ukuran, tata letak desain kulit, tipografi desain, ilustrasi desain kulit, tata letak desain isi, tipografi desain isi, dan ilustrasi desain buku. Analisis oleh para responden menghasilkan persentase 85% yang berarti buku yang berisi kumpulan model pembelajaran saintifik pada mata pelajaran siklus akuntansi perusahaan jasa yang telah dikembangkan telah valid dan layak digunakan sebagai referensi kegiatan guru dalam proses pembelajaran. Uji coba terhadap kelompok kecil yang menghasilkan persentase sebesar 87% yang menunjukkan pembelajaran sangat menarik.
Saran peneliti untuk pengembangan selanjutnya adalah agar dapat melengkapi kompetensi dasar perusahaan jasa atau menambahkan implementasi mata pelajaran lain dalam buku tersebut dan dapat menguji efektifitas pembelajaran ini, serta membandingkan dengan model pembelajaran lain.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *