Pengembangan Digital Magazine Bermuatan Nilai Karakter Sebagai Media Pembelajaran Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Pada Mahasiswa Akuntansi

Rohmatunnisa’, Layly Dwi. 2016. Pengembangan Digital Magazine Bermuatan Nilai Karakter Sebagai Media Pembelajaran Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Pada Mahasiswa Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA, (II) Sulastri, S.Pd., M.SA.

Kata Kunci: media bermuatan nilai karakter, digital magazine, siklus akuntansi.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran digital magazine. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa digital magazine bermuatan nilai karakter yang diaplikasikan untuk mahasiswa semester pertama jurusan akuntansi Universitas Negeri Malang. Materi yang disajikan adalah materi mengenai siklus akuntansi perusahaan jasa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada metode model Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) pengembangan produk awal, (3) validasi ahli, (4) revisi produk I, (5) uji coba lapangan terbatas, (6) revisi produk II, (7) produk akhir. Data yang diperoleh dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari penelitian produk pengembangan yang disusun dengan skala likert, sedangkan data kualitatif diperoleh dari kritik dan saran oleh ahli dan pengguna yang dituangkan dalam angket. Sumber data penelitian antara lain 2 dosen sebagai ahli media pembelajaran dan ahli materi pembelajaran, 36 mahsiswa program studi akuntansi, dan 35 mahasiswa program studi pendidikan akuntansi Universitas Negeri Malang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase, yaitu teknik untuk mengubah data kuantitatif menjadi bentuk persentase kemudian diinterpretasikan dengan kalimat yang bersifat kualitatif.
Bedasarkan penilaian ahli media pembelajaran, ahli materi pembelajaran, dan uji lapangan terbatas oleh pengguna, kualitas media pembelajaran yang telah dikembangan dikategorikan valid dan layak digunakan untuk proses pembelajaran dengan skor rata-rata 93.8% oleh ahli media pembelajaran, 94.1% oleh ahli materi, dan 82% oleh pengguna.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *