Pengembangan E-Modul Berbasis Scientific Approach Untuk Siswa Kelas XI SMA

Umarawati, Ira. 2016. Pengembangan E-Modul Berbasis Scientific Approach Untuk Siswa Kelas XI SMA. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Suparti M.P., (2) Dr. Sunaryanto, M.Ed.

Kata Kunci : Pengembangan, E-Modul, Akuntansi

Kurikulum dalam dunia pendidikan selalu mengalami perubahan. Perubahan kurikulum sangat berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar. Kurikulum terbaru yang diterapkan di Indonesia adalah kurikulum 2013. Di dalam penerapan kurikum 2013 mengharuskan siswa untuk berpikir secara ilmiah. Permasalahan yang muncul dalam implementansi kurikikulum 2013 yakni belum tersedianya bahan ajar yang berbasis saintifik, sehingga implementasi kurikulum dirasa belum dapat dilaksanakan secara optimal.
Pengembangan bahan ajar berupa elektronik modul berbasis saintifik merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk membantu mengoptimalkan proses berpikir ilmiah pada siswa. Pemanfaatan elektronik modul akuntansi berbasis saintifik diduga mampu meningkatkan motivasi siswa, hal ini dikarenakan tampilan yang disajikan mampu menyuguhkan materi dalam bentuk teks, gambar, audio, serta video. Penggunaan elektronik modul berbasis saintifik diharapkan dapat mempermudah siswa untuk belajar secara mandiri khususnya pada materi akuntansi perusahaan jasa.
Penelitian pengembangan e-modul pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa ini bertujuan untuk memaksimalkan media yang telah disediakan di sekolah, dan diharapkan dapat memotivasi siswa dalam belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode Borg dan Gall dengan prosedur pengembangan yang terdiri dari: 1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi Awal; 2) Perencanaan; 3) Pengembangan Draft Produk Awal; 4) Uji Coba Awal; 5) Revisi Produk; 6) Uji Coba Lapangan; 7) Penyempurnaan Produk Hasil Uji Coba; 8) Uji Pelaksanaan Lapangan Operasional dan 9) Penyempurnaan Produk Akhir.
Pengembangan e-modul akuntansi berbasis scientific approach ini diuji cobakan kepada siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium UM Malang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam pengembangan ini menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan antara laian: tanggapan ahli materi, media, uji coba awal, uji coba lapangan, uji lapangan.
Berdasarkan hasil pengembangan e-modul akuntansi berbasis scientific approach, diperoleh presentase ahli materi 80,1%, ahli media 95%, uji coba awal 80,4%, uji coba lapangan 83,6%, uji lapangan 86,3% dan 92,6%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul akuntansi berbasis scientific approach layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *