Pengembangan E-Modul Dengan Menggunakan Software Sigil Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar

Mawarni, Nur Endah. 2016. Pengembangan E-Modul Dengan Menggunakan Software Sigil Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Bambang Sugeng, SE, MA, MM. Ak. (2) Dr Sunaryanto, M.Ed.

Kata Kunci: Bahan ajar, Modul, E-Modul, Mata Pelajaran Akuntansi

Akuntansi merupakan salah satu mata pelajaran produktif yang ada di Sekolah Menengah Kejuruhan khususnya untuk jurusan akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar. Bahan ajar yang digunakan di SMK Negeri 2 Blitar sulit diakses oleh siswa dan kurang sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah. Bahan ajar yang yang diperlukan harus sesuai dengan kebutuhan siswa dan kurikulum yang diterapkan di sekolah tersebut. Fokus penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar akuntansi berupa e-modul akuntansi guna menunjang kegiatan pembelajaran di kelas.
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa modul akuntansi elektronik (e-modul) dengan menggunakan software sigil pada mata pelajaran akuntansi. Dengan adanya e-modul diharapkan dapat meningkatkan efektifitas belajar siswa, dikatakan efektif apabila minat dan motivasi belajar siswa meningkat atau hasil belajar siswa juga meningkat. Selain itu, dengan adanya e-modul ini diharapkan dapat membantu siswa untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang menggunakan metode penelitian Borg & Gall. Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan 7 langkah dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall untuk pengembangan e-modul akuntansi sebagai berikut: 1) Analisis kebutuhan untuk mengumpulkan data dan informasi awal, 2) Pengembangan desain produk, 3) Validasi ahli yang terdiri dari validasi ahli materi, ahli desain modul, validasi pengguna guru dan siswa, 4) Revisi I data diperoleh dari hasil validasi, 5) Uji Coba Produk (Eksperimen) dengan desain eksperimen random control group pretest posttest design, subjek uji coba produk ini yaitu siswa kelas x akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar, 6) Revisi II dilakukan berdasarkan hasil uji coba produk, 7) Produk akhir.
Berdasarkan hasil analisis keseluruhan validasi diperoleh rata-rata presentase secara keseluruhan sebesar 89,44%, rata-rata tersebut diperoleh dari hasil validasi ahli materi sebesar 83,68%, ahli desain modul sebesar 91,33%, pengguna guru sebesar 95,56%, dan pengguna siswa sebesar 87,17% sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul akuntansi pada materi siklus akuntansi perusahaan dagang valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar akuntansi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil uji coba produk dengan eksperimen diperoleh kemampuan akhir (hasil posttest) dengan menggunakan uji Mann Whitney menunjukkan angka signifikansi 0,00< 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan akhir di kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam kelas yang diajar dengan menggunakan modul cetak dan kelas yang diajar dengan menggunakan modul eletronik (e-modul). Diharapkan hasil pengembangan ini dapat membantu siswa agar memiliki bahan ajar dalam menunjang proses belajar siswa yaitu e-modul akuntansi yang akan membantu tercapainya salah satu tujuan pembelajaran, diharapkan e-modul akuntansi yang dikembangkan dapat digunakan oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran dikelas, untuk hasil akhir produk berupa e-modul perlu dilakukan diseminasi dengan melakukan penelitian lebih lanjut dan memperluas materi agar lebih lengkap sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa sehingga e-modul akuntansi akan lebih layak digunakan dan disebarluaskan dalam skala yang lebih luas yaitu di sekolah-sekolah lain yang membutuhkan bahan ajar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *