Pengembangan E-modul Mata pelajaran Akuntansi Perusahaan jasa Mendukung Pendekatan Scientific approach untuk SMK

Ismail,Moch.2017. Pengembangan E-modul Mata pelajaran Akuntansi Perusahaan jasa Mendukung Pendekatan Scientific approach untuk SMK. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suparti M.P.

Kata Kunci: E-modul, Akuntansi, Perusahaan Jasa, Scientific approach.

Didalam penerapan kurikum 2013 mengharuskan siswa untuk berpikir secara ilmiah dan guru sebagai fasilitatornya pada kurikulum 2013 ini. Berdasarkan observasi dan wawancara di SMK memiliki permasalahan yaitu (1) guru sebagai pengajar masih menggunakan bahan ajar cetak (Paper Based) seperti handout yang belum sesuai dengan kurikulum 2013,(2) dan kesulitan belajar di mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa terutama jurnal penyesuaian sampai jurnal pembalik. Maka dari itu membutuhkan bahan ajar untuk mengoptimalkan pembelajaran mendukung penerapan kurikulum 2013. Pengembangan bahan ajar berupa elektronik modul mendukung pendekatan scientific approach ini merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk membantu mengoptimalkan proses berpikir ilmiah pada siswa guna mendukung diterapkannya kurikulum 2013.
Penelitian pengembangan e-modul pada mata pelajaran Akuntansi Perusahaan scientific approach ini bertujuan untuk memaksimalkan media yang telah disediakan di sekolah dan diharapkan dapat memotivasi siswa dalam belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode Borg dan Gall (2003) dengan prosedur pengembangan yang terdiri dari:1.Pengumpulan Data,2.Perencanaan , 3.Pengembangan Produk,4.Validasi Ahli,5.Revisi produk,6.Uji Terbatas,7.Revisi produk akhir,8.Produk Akhir. Pengembangan e-modul akuntansi mendukung pendekatan scientific approach ini diuji cobakan kepada siswa kelas X AK SMK PGRI 6 Malang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam pengembangan ini menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Deskriptif Persentase.
` Dari hasil validasi produk perolehan score validasi ahli materi adalah sebesar 83,9%.Hal itu bahwa e-modul layak digunakan. Hasil validasi ahli media adalah sebesar 95,8%. Hal tersebut bahwa kemasan e-modul sangat layak digunakan sebagi pembelajaran. Hasil validasi uji coba terbatas yang terdiri dari uji coba terbatas siswa dan guru memperoleh score 89% dan 99%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul mendukung pendekatan scientific approach dinyatakan layak digunakan sebagai proses pembelajaran. Disarankan untuk pengembangan lebih lanjut diharapkan konten produk termuat diaplikasi android yaitu materi akuntansi yang lain serta aplikasi e-modul dapat di install di seluruh berbagai operasi smartphone lainnya dan video di offlinekan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *