Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa untuk Mendukung Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Smk Pgri 2 Malang

Hamzah, Imron. 2017. Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa untuk Mendukung Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Smk Pgri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sriyani Mentari, S.Pd., M.M

Kata Kunci: E-Modul, Scientific Approach, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Permasalahan yang muncul dibeberapa sekolah menjadi kendala tersendiri dalam terlaksananya proses belajar mengajar. Berlakunya kurikulum 2013 juga memberikan dampak yang besar bagi proses belajar mengajar, antara lain penggunaan bahan ajar yang harus sesuai dengan kurikulum 2013 dimana siswa dituntut untuk belajar mandiri dan mampu berfikir ilmiah.
Pengembangan bahan ajar berupa modul elektronik untuk mendukung saintifik adalah solusi untuk membantu mengoptimalkan proses berpikir ilmiah pada siswa. Pemanfaatan elektronik modul akuntansi berbasis saintifik diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. hal ini dikarenakan tampilan yang disajikan mampu menyuguhkan materi dalam bentuk teks, gambar, audio, serta video. Penggunaan elektronik modul berbasis saintifik diharapkan dapat mempermudah siswa untuk belajar secara mandiri khususnya pada materi akuntansi perusahaan jasa.
Penelitian pengembangan e-modul pada mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa ini bertujuan untuk memaksimalkan media yang telah disediakan di sekolah, dan diharapkan dapat memotivasi siswa dalam belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Model pengembangan modul elektronik ini menggunakan ADDIE (Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation).
Pengembangan e-modul akuntansi untuk mendukung scientific approach ini diuji cobakan kepada siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 2 Malang. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Desain uji coba yang digunakan dalam pengembangan E-modul berbasis scientific approach ini adalah eksperimental. Teknik pengumpulan data dalam pengembangan ini menggunakan angket. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik deskriptif persentase, sedangkan data kualitatif yang berupa kritik dan saran dapat langsung ditarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil pengembangan e-modul akuntansi berbasis scientific approach, diperoleh presentase ahli materi 89,81%, ahli media 97,50%, uji coba awal 83,95%, uji coba lapangan 84,02%, efektifitas hasil belajar menunjukkan angka 0,000 < 0,05 dan motivasi belajar 0,000 < 0,005 . Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul akuntansi berbasis scientific approach layak dan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sehingga e-modul akuntansi berbasis scientific approach dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *