Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Untuk Kelas X di SMK Negeri 1 Malang

Larasati, Chaptylana. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Untuk Kelas X di SMK Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sulastri, S.Pd., M.SA., (II) Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA.

Kata Kunci: LKS, discovery learning, pendekatan saintifik

Permasalahan dalam penerapan kurikulum 2013 yang dialami oleh SMK Negeri 1 Malang adalah belum adanya bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013. Hal tersebut mendorong guru mata pelajaran untuk menggunakan referensi lain. Guru mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Malang menggunakan buku Akuntansi Perusahaan Jasa terbitan tahun 1997 yang tentunya kurang sesuai dengan kurikulum 2013. Hal tersebut mempengaruhi kualitas pembelajaran di kelas. Akibatnya, motivasi belajar dan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah LKS yang berbasis discovery learning dengan pendekatan saintifik yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bahan ajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Discovery learning dan pendekatan saintifik dipilih dalam penelitian ini sebagai kerangka dasar kegiatan pembelajaran dalam LKS. Hal tersebut didasarkan pada pertimbangan bahwa langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan teori free discovery learning Bruner akan dapat membangkitkan motivasi dan mengasah kemampuan siswa dalam memahami materi, sebagai akibat dari proses penemuan konsep secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengembangkan LKS berbasis discovery learning dengan pendekatan saintifik, 2) menguji validitas LKS berbasis discovery learning dengan pendekatan saintifik, dan 3) menguji efektifitas LKS berbasis discovery learning dengan pendekatan saintifik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall (1983) yang dimodifikasi. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli pengembangan bahan ajar, siswa, dan guru mata pelajaran. Desain eksperimen yang digunakan adalah one-group pretest and posttest design. Eksperimen dilaksanakan pada siswa kelas X AK 4 di SMK Negeri 1 Malang yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif persentase, ketuntasan klasikal, dan uji Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test).
Hasil validasi ahli materi adalah sebesar 83,64%. Hal tersebut berarti bahwa LKS layak. Hasil validasi ahli pengembangan bahan ajar adalah sebesar 99,25%. Hal tersebut berarti bahwa LKS sangat layak. Hasil validasi pengguna adalah sebesar 91,46. Hal tersebut berarti bahwa LKS sangat layak. Hasil posttest tuntas secara klasikal sebesar 86%. Hasil pretest dan posttest memiliki signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan LKS berbasis discovery learning dengan pendekatan saintifik. Secara keseluruhan LKS dinyatakan sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *