Pengembangan Media Animasi PowToon Sebagai Penunjang Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Jurnal Umum Perusahaan Dagang

Atwoko, Cintya Libryawati. 2017. Pengembangan Media Animasi PowToon Sebagai Penunjang Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Jurnal Umum Perusahaan Dagang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak., CA

Kata Kunci : Media Animasi PowToon, Penunjang Pembelajaran

Pembelajaran sebagai suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang disusun sedemikian rupa untuk mendukung dan mempengaruhi terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal. Pemanfaatan media animasi PowToon dapat menjadi alternative dalam mempengaruhi minat siswa untuk mengatasi permasalahan kejenuhan dalam pembelajaran. Media animasi PowToon diharapkan dapat mempengaruhi minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penggunaan media animasi ini dikemas sebaik mungkin dan diharapkan dapat mempermudah siswa dalam menerima materi pelajaran sehingga dapat mempelajari materi jurnal umum perusahaan dagang dengan mudah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian dan pengembangan ini adalah tujuan menghasilkan media animasi PowToon sebagai penunjang pembelajaran akuntansi SMK kelas X. Selain itu, penelitian dan pengembangan ini juga ditujukan untuk menguji kelayakan produk yang telah dihasilkan dan diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran akuntansi di SMK khusus nya di SMK kepanjen. Model pengembangan produk media pembelajaran ini menggunakan modifikasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan Borg dan Gall yang terdiri dari studi lapangan, pengembangan produk, uji
validitas produk, revisi produk ke-1, uji coba terbatas, revisi produk ke-2, produk akhir. Jenis data pada penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil validasi dianalisis menggunakan analisis deskriptif presentase. Data kualitatif berupa saran, dan kritik dari validator digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan revisi terhadap media yang dikembangkan. Validasi isi produk dilakukan dengan menggunakan angket yang dilengkapi dengan skala penilaian berdasarkan skala Likert.

Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil validasi dapat diperoleh adalah ahli materi sebesar 82,11%, ahli media sebesar 97,39%, dan uji coba terbatas sebesar 82,83%. Sehingga apabila hasil tersebut dihitung secara keseluruhan, diperoleh rata-rata sebesar 87,44%. Dari hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa media animasi PowToon sebagai penunjang pembelajaran pada pokok bahasan jurnal umum perusahaan dagang dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran di SMK Kepanjen. Saran kepada pengembangan selanjutnya dapat membuat produk dengan konsep dan materi yang lain, dengan cara memanfaatkan media online.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *