Pengembangan Media Latihan Soal (Drill) Berbasis Android Pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi 1 untuk Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Indriani, Deni Resti. 2016. Pengembangan Media Latihan Soal (Drill) Berbasis Android Pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi 1 untuk Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed., (II) Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc.

Kata Kunci : Pengembangan Media, Latihan soal, Android. M-learning

Mobile Learning atau biasa disebut m-learning merupakan suatu inovasi baru dibidang pendidikan. M-Learning adalah jenis e-learning yang memberikan isi pendidikan dan pembelajaran materi pendukung melalui perangkat komunikasi nirkabel. Berdasarkan survei pada mahasiswa akuntansi FE-UM tentang mata kuliah pengantar akuntansi 1, ternyata masih banyak mahasiswa yang masih belum faham mata kuliah tersebut. Hal itu dikarenakan kurangnya mahasiswa berlatih dalam menjawab soal. Oleh karena itu sangat diperlukan latihan soal secara intensif baik di dalam maupun di luar kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media latihan soal (drill) berbasis android pada mata kuliah pengantar akuntansi I serta mengetahui kelayakan produk pengembangan melalui uji validasi ahli dan pengguna.Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang disederhanakan oleh Sugiyono yang telah dimodifikasi menjadi tujuh langkah. Tujuh langkah tersebut adalah 1) Potensi dan Masalah, 2) Desain Produk, 3) Validasi Desain, 4) Revisi Desain, 5) Uji Coba Produk, 6) Revisi Produk, 7) Produk akhir. Jenis data pada penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil validasi dianalisis menggunakan analisis deskriptif presentase. Data kualitatif berupa kritik, saran dan komentar dari validator digunakan sebagai pertimbangan melakukan revisi terhadap media yang dikembangkan. Validasi isi produk dilakukan dengan menggunakan angket yang dilengkapi skala penilaian berdasarkan skala likert.
Berdasarkan data hasil validasi diperoleh penilaian dari ahli media sebesar 96%, validasi ahli materi sebesar 88% dan validasi uji coba pengguna terbatas sebesar 88%. Apabila hasil validasi tersebut dihitung secara keseluruhan, diperoleh rata-rata sebesar 90,7%. Hal ini menunjukkan bahwa media latihan soal (drill) berbasis android pada mata kuliah pengantar akuntansi 1 dapat dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses belajar karena rentang hasil validasi telah sesuai dengan kriteria kelayakan yaitu antara 81%-100%. Saran kepada pengembang selanjutnya adalah membuat produk dengan materi yang ada pada mata kuliah lain yang ditempuh mahasiswa akuntansi serta produk yang akan dikembangkan dapat dioperasikan disemua sistem operasi pada smartphone milik pengguna / mahasiswa.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *