Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan

Rahmawati, Diah. 2016. Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed., (2) Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc.

Kata Kunci: media mobile learning, android, akuntansi keuangan.

Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan oleh guru untuk menyampaikan pengetahuan kepada siswa sehingga mendapatkan respon yang positif dari siswa. Penggunaan media yang tepat akan memudahkan proses belajar dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Namun, berdasarkan hasil wawancara di SMKN 1 Turen ditemukan suatu permasalahan terkait penggunaan media pembelajaran. Guru menyuruh siswa untuk mencatat materi yang terdapat di slide powerpoint dengan waktu yang cukup lama. Kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran secara konvensional. Kondisi demikian menjadikan siswa merasa bosan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk yang layak pakai berupa media mobile learning berbasis android pada mata pelajaran akuntansi keuangan dan menguji keefektifannya terhadap motivasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang terdiri atas 7 tahap yang sudah dimodifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara dan angket. Data kuantitatif berupa hasil validasi dianalisis dengan menggunakan deskriptif persentase untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran. Sedangkan untuk uji efektifitas dilakukan dengan menggunakan Uji Paired Samples T-Test untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media mobile learning berbasis android.
Penelitian ini berhasil menghasilkan produk berupa media mobile learning berbasis android yang layak pakai pada materi liabilitas jangka pendek dengan tingkat kelayakan 94,44%. Media ini terdiri atas menu tujuan dan kompetensi dasar, materi, evaluasi, petunjuk dan info yang bisa diakses pada smartphone android versi 2.3 (Gingerbread) ke atas. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test diketahui terdapat perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa media mobile learning berbasis android yang menandakan bahwa media ini berpengaruh efektif.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada pengguna untuk membaca buku petunjuk penggunaan terlebih dahulu dan memastikan bahwa fasilitas yang dibutuhkan telah memadai. Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya mengembangkan media mobile learning pada materi yang lain. Ukuran aplikasi sebaiknya dipertimbangkan demi kelancaran penggunaan produk.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *