Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Audio Visual dengan Aplikasi Android Untuk Siswa Kelas XII IPS SMA (Studi pada Siswa Kelas XII IPS II SMAN 8 Malang Pada Pokok Bahasan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Saputro, Setyo Adi. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Audio Visual dengan Aplikasi Android Untuk Siswa Kelas XII IPS SMA (Studi pada Siswa Kelas XII IPS II SMAN 8 Malang Pada Pokok Bahasan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sriyani Mentari , S.Pd, M,M., (2) Dr. Eka Ananta Sidharta, S.E., M.M. C.A.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Android.
Perkembangan teknologi sangat berpengaruh pada perkembangan ilmu pengetahuan. Hal ini merubah model pembelajaran konvensional menuju pembelajaran yang berbasis teknologi. Hasil observasi di SMA Negeri 8 Malang menunjukkan permasalahan yang dihadapi oleh siswa dalam belajar akuntansi yaitu proses pembelajaran yang masih terbatas pada metode konvensional dan tanpa menggunakan media pembelajaran. Hal ini mengakibatkan siswa kurang tertarik dan merasa bosan ketika proses pembelajaran berlangsung. Untuk meningkatkan ketertarikan siswa dalam belajar dibutuhkan sebuah media yang dapat menarik minat dan motivasi belajar siswa.
Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran berbasis audio visual dengan aplikasi android, studi pada siswa kelas XII IPS II SMAN 8 Malang pada pokok bahasan laporan keuangan perusahaan jasa. Media pembelajaran yang dihasilkan merupakan media interaktif yang dapat digunakan siswa secara mandiri.
Perancangan yang digunakan dalam pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan model 4D (four D models) oleh Thiagarajan, dkk (1974) dalam Triyanto (2012:189). Tahapan yang digunakan meliputi 1) Mendefinisikan (define), merancang (design), mengembangkan (developt), dan menyebarluaskan (dissemite). Validasi dilakukan oleh tiga subyek yaitu ahli materi, ahli media, dan pengguna. Pada saat uji pengguna digunakan desain eksprimen untuk menguji keefektifan produk.
Hasil produk yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan uji coba pengguna oleh siswa. Dari hasil validasi diperoleh rata-rata keseluruhhan sebesar 86,91% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran akuntansi berbasis audio visual dengan aplikasi android dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran siswa. Hasil uji independent sample t-test adalah sebesar 0,000 sehingga dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *