Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Lagu yang dipadu dengan Visualisasi Stopmotion dan Evaluasi Materi Jurnal Penyesuaian pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahan Jasa untuk Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Malang

Rahim, Rully Nur. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Lagu yang dipadu dengan Visualisasi Stopmotion dan Evaluasi Materi Jurnal Penyesuaian pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahan Jasa untuk Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbinga: (1) Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak. (II) Dr. Eka Ananta S. SE., MM., Ak, CA.

Kata kunci: media, akuntansi, lagu, animasi.

Pada mata pelajaran akuntansi yang sering kali diabaikan adalah mengenai penggunaan kerja otak. Proses pembelajaran akuntansi lebih dominan menggunakan otak kiri yang berperan dalam mengolah data seputar angka tanpa mengoptimalkan kerja otak kanan yang berperan dalam mengolah data seputar gambar dan musik. Akibatnya konsentrasi siswa menurun, cepat merasa jenuh dan motivasi belajar rendah. Salah satu cara yang dapat menyeimbangkan kerja otak yaitu lewat lagu dan animasi. Penggunaan lagu dan animasi di dalam pembelajaran akuntansi tidak hanya dijadikan iringan tetapi juga sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran. Konsep akuntansi dapat dimasukakan ke dalam lirik lagu. Sehingga dengan lagu, otak mendapat dua pekerjaan sekaligus. Otak kiri memahami lirik lagu dan otak kanan menikmati alunan musiknya. Agar hasil lebih optimal, juga disertai dengan adanya animasi yang menggunakan stopmotion. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran akuntansi berbasi lagu yang dipadu dengan visualisasi stopmotion disertai evaluasi pembelajaran berupa kuis pada masing-masing video untuk meningkatkan motivasi belajar siswa serta menyeimbangkan kerja otak kanan dan kiri. Produk akhir dikemas dalam bentuk CD yang terdiri dari lagu, animasi, dan kuis.
Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu model pegembangan Borg and Gall yang hanya diambil hingga langkah ketujuh yaitu produk akhir. Langkah-langkah tersebut terdiri dari tiga bagian pokok yang sudah dimodifikasi yaitu studi lapangan, pengembangan produk dan uji coba produk.
Pengambilan data uji coba terbatas media pembelajaran dilakukan menggunakan instrumen berupa angket kepada ahli materi, ahli media, siswa, dan guru. Berdasarkan hasil analisis data uji coba terbatas diketahui tingkat kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan menurut ahli materi sebesar 78%, menurut ahli media sebesar 91%, menurut siswa sebesar 92%, dan menurut guru sebesar 85%. Sehingga apabila hasil tersebut dihitung secara keseluruhan, maka diperoleh rata-rata sebesar 85.6%. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Media pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria layak dan secara keseluruhan dinyatakan baik serta dapat digunakan dalam pembelajaran.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *