Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Authoring Tool Lectora Pada Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Untuk Kelas X di SMKN 2 Blitar

Putri, Cholifahtu Annissa. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Authoring Tool Lectora Pada Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Untuk Kelas X di SMKN 2 Blitar. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sulastri, S.Pd., M.SA, (2) Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA.

Kata Kunci: Akuntansi, Berbasis Multimedia Interaktif, Authoring Tool Lectora

Media pembelajaran pada hakikatnya merupakan perantara komunikasi dalam kegiatan pembelajaran. Komunikasi diberikan dengan cara mentransfer dan mentransformasikan informasi, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman-pengalaman yang diperlukan oleh peserta didik. Informasi dalam kegiatan pembelajaran dapat disampaikan melalui penggunaan media pembelajaran menggunakan authoring tool lectora. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran akuntansi berbasis multimedia interaktif menggunakan authoring tool lectora pada materi siklus akuntansi perusahaan jasa untuk kelas X SMKN 2 Blitar, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran akuntansi berbasis multimedia interaktif menggunakan authoring tool lectora pada materi siklus akuntansi perusahaan jasa untuk kelas X SMKN 2 Blitar.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan media diadaptasi dari model pengembangan Lee & Owens dengan mengambil 4 tahap, yaitu 1) Analisis Kebutuhan; 2) Desain; 3) Pengembangan; dan 4) Implementasi. Validasi dilakukan oleh dua ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran akuntansi, dan peserta didik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini menggunakan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran akuntansi berbasis multimedia interaktif menggunakan authoring tool lectora berdasarkan penilaian dari: 1) Ahli Materi memperoleh nilai persentase kelayakan sebesar 98% dan 91% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, 2) Ahli Media memperoleh nilai persentase kelayakan sebesar 96% yang termasuk kategori Sangat Layak, 3) Praktisi Pembelajaran Akuntansi memperoleh nilai persentase kelayakan sebesar 89% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Respon peserta didik terhadap media pada hasil uji coba lapangan rata-rata menunjukkan respon positif dengan mendapatkan persentase ≥ 65% setiap indikatornya. Dengan demikian media pembelajaran akuntansi menggunakan authoring tool lectora sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *