Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Tutorial Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Kelas X Akuntansi di SMK Cendika Bangsa Kepanjen

Muzaqqi, S. Hafid. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Tutorial Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Kelas X Akuntansi di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sunaryanto, M.Ed., (2) Dr. Dodik Juliardi, S.E., M.M., Ak.

Kata kunci: media pembelajaran, audio visual, tutorial, Camtasia Studio.

Penggunaan media pembelajaran yang masih terbatas pada media papan tulis dengan sumber belajar buku siswa merupakan sumber permasalahan yang dihadapi siswa. Pembelajaran tersebut masih kurang memanfaatkan media pembelajaran yang memiliki lebih banyak manfaat agar proses kegiatan belajar mengajar dapat diterima siswa secara maksimal. Kemandirian belajar siswa juga harus didukung oleh media pembelajaran dan sumber belajar yang memadai. Hal tersebut menjadi modal bagi siswa untuk bisa lebih siap dalam menghadapi proses pembelajaran yang akan disajikan guru di sekolah. Permasalahan ini menjadi fokus penelitian pengembangan yang dilakukan guna meningkatkan pemahaman siswa secara maksimal.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran audio visual berbasis tutorial dengan menggunakan aplikasi Camtasia Studio.
Pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall (1983) dengan tahapan meliputi: 1) analisis kebutuhan, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk, 4) validasi ahli, 5) revisi produk I, 6) uji lapangan terbatas, 7) revisi produk II, dan 8) produk akhir. Pada tahapan validasi produk dilakukan oleh tiga subjek validasi yaitu validasi media dilakukan oleh ahli desain media pembelajaran, validasi materi dilakukan oleh ahli materi, dan validasi subjek yang dilakukan oleh pengguna media pembelajaran.
Berdasarkan hasil analisis pada uji lapangan dan validasi ahli yang telah dilakukan, diperoleh rata-rata validasi ahli media sebesar 89,2%, rata-rata ahli materi sebesar 99,3%, dan rata-rata validasi subjek atau pengguna sebesar 87,5%. Kemudian berdasarkan hasil analisis keseluruhan validasi diperoleh rata-rata presentase sebesar 92%, sehingga dengan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran audio visual berbasis tutorial pada mata pelajaran komputer akuntansi dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media dalam kegaiatan pembelajaran.
Produk berupa video pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa serta dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Selanjutnya berdasarkan temuan hasil penelitian ini, diperlukan adanya pengembangan lebih lanjut dalam pemanfaatan media pembelajaran ini. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi smartphone, sehingga media ini dapat dengan mudah dibawa kemanapun dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan smartphone tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *