Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Appypie Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas X Akuntansi di SMKN 1 Pogalan

Pujianto, Nimas. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Appypie Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas X Akuntansi di SMKN 1 Pogalan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sulastri, S.Pd., M.SA.

Kata Kunci: media pembelajaran, appypie, akuntansi perusahaan jasa, ADDIE

Fasilitas serta sarana dan prasarana di SMK Negeri 1 Pogalan sudah memadai. Lebih dari 95% siswa akuntansi di SMK Negeri 1 Pogalan juga sudah memiliki smartphone android. Namun, tidak semua guru memanfaatkan fasilitas tersebut pada pembelajaran akuntansi. Guru yang sudah menggunakan media pembelajaran, masih menggunakan media Powerpoint dengan tampilan yang masih sangat sederhana, yaitu berupa teks dan hanya disisipkan dengan beberapa gambar saja, sehingga siswa sering merasa bosan dengan media pembelajaran tersebut. Berdasarkan hal tersebut penulis termotivasi untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Appypie yang dapat dioperasikan pada smartphone untuk mata pelajaran Akuntansi.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Tahapannya ada 5 tahap yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi), namun hanya dilaksanakan hingga tahap keempat, yaitu Implementasi. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran akuntansi yaitu guru akuntansi SMK Negeri 1 Pogalan, dan uji coba terbatas ke siswa akuntansi. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 25 peserta didik kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Pogalan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis appypie sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh total skor 78 dengan persentase 97,5%, sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”, 2) Ahli media diperoleh total skor 70 dengan persentase 87,5%, sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”, dan 3) Praktisi pembelajaran akuntansi total skor 76 dengan persentase 95%, sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”. Penilaian uji pengguna terbatas kepada 25 peserta didik mendapat total nilai 1893 dengan persentase 94,65% sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”.
Dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis appypie ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran materi akuntansi perusahaan jasa. Media pembelajaran berbasis appypie ini bisa digunakan sebagai penunjang bagi peserta didik dalam mempelajari akuntansi perusahaan jasa. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah agar media pembelajaran cakupan materinya ditambah agar lebih lengkap dan versi media pembelajaran perlu diupgrade ke versi berbayar agar penggunaan dapat maksimal, serta produk perlu dikembangkan ke berbagai operasi pada smarthphone selain android agar semua pengguna smartphone bisa menggunakan media pembelajaran.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *