Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi berbasis Android

Wicaksono, Agil. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi berbasis Android. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed. (II) Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si., Ak.

Kata kunci: Pengembangan Media, Game Edukasi, Android

Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sangat membantu menyampaikan pesan atau isi pelajaran. Pada mata pelajaran Akuntansi peserta didik dituntut untuk cepat mengerti dan berpikir kritis. Game edukasi salah satui bentuk game yang dapat berguna untuk menunjang proses belajar mengajar secara lebih menyenangkan dan lebih kreatif dengan menggunakan media yang menarik.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Metode ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan diukur dari indikator kelayakan produk sebesar 56 – 75%. Hasil validasi ahli materi sebesar 93,1%, validasi media sebesar 77,5%, dan hasil validasi dari pengguna sebesar 74%.
Saran yang dapat diberikan yaitu: (1) Bagi guru khususnya, terlebih dahulu guru memberikan pengarahan mengenai materi yang terdapat pada silabus sebelum menggunakan media, karena media tidak menyediakan materi, (2) Bagi peneliti selajutnya, diharapkan mempunyai kreatifitas yang tinggi dalam desain dan animasi media untuk menambah ketertarikan siswa.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *