Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Jurnal Penyesuaian Dan Jurnal Koreksi Kelas X Akuntansi

Zainiyah. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Jurnal Penyesuaian Dan Jurnal Koreksi Kelas X Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sunaryanto, M.Ed., (II) Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.Sa., Ak.

Kata Kunci: media pembelajaran, mobile learning, android.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada guru dan siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri I Turen diketahui bahwa sebagian besar siswa kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa terutama pada materi jurnal penyesuaian dan jurnal koreksi. Siswa nampak jenuh dan tidak bersemangat selama proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan ini maka dapat digunakan alat bantu berupa media pembelajaran yang lebih menarik. Maka dari itu peneliti mengembangkan media pembelajaran mobile learning yang ditujukan untuk semua smarthphone berplatform android karena melihat potensi banyaknya siswa yang memiliki smartphone dengan OS android. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada materi jurnal penyesuaian dan jurnal koreksi dikelas X Akuntansi serta menguji kelayakan produk yang telah dihasilkan.
Model penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini menggunakan langkah-langkah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh langkah pengembangan yang terdiri dari (1) analisis kebutuhan, (2) pengembangan produk awal, (3) validasi ahli, (4) revisi produk I, (5) uji coba lapangan, (6) revisi produk II, dan (7) produk akhir. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil validasi dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase. Data kualitatif berupa kritik, saran dan tanggapan digunakan sebagai pertimbangan untuk memperbaiki produk. Validasi isi produk dilakukan dengan menggunakan angket yang dilengkapi skala penilaian berdasarkan skala Likert.
Produk akhir yang dihasilkan berupa media pembelajaran berbasis android dengan nama Mention Tries yang didalamnya memiliki 6 menu, yaitu (1) kompetensi, (2) materi, (3) evaluasi, (4) glosarium, (5) fakta akuntansi, dan (6) bantuan. Penyajian materi dilengkapi dengan video dan untuk soal evaluasi berupa 40 soal pilihan ganda. Berdasarkan data dari hasil validasi dapat diperoleh nilai dari ahli media sebesar 94,64% , ahli materi sebesar 91,11% dan nilai dari uji coba lapangan sebesar 95,05% sehingga jika dihitung secara keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 93,6% . Dari hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis android pada materi jurnal penyesuaian dan jurnal koreksi perusahaan jasa dinyatakan sangat layak untuk digunakan pada proses pembelajaran di kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Turen.
Saran kepada pengembang selanjutnya yaitu untuk mengembangkan produk dengan materi akuntansi yang lain, menambah keinteraktifan dan desain media, serta mengembangkan produk yang dapat dioperasikan di berbagai sistem operasi pada smartphone sehingga tidak hanya pada OS android.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *