Pengembangan Media Pembelajaran Try Out Ujian Nasional Akuntansi Berbasis Mobile Learning

Istiqomah, Malahatul. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Try Out Ujian Nasional Akuntansi Berbasis Mobile Learning. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed. (2) Dr. Dodik Juliardi, SE., MM., Ak.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Try Out, Ujian Nasional Akuntansi, Mobile Learning.

Perkembangan jaman menuntut perlu adanya pengembangan media pembelajaran untuk menambah alternatif-alternatif belajar siswa. Media pembelajaran berbasis mobile learning untuk try out ujian nasional akuntansi berpeluang besar untuk diaplikasikan dalam era sekarang. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan serta melihat keefektifan dari media pembelajaran try out ujian nasional akuntansi berbasis mobile learning.
Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan dari Heinich yaitu ASSURE (Analyze learner characteristics, State objetive, Select, or modify media, Utilize, Require lerner response, and Evaluate).
Dari hasil uji t-test independent sample didapatkan nilai signifikasi sebesar 0,034 untuk try out SMA dan 0,001 untuk try out SMK. Diperkuat dengan hasil dari ahli media pembelajaran diperoleh persentase 93,33% dari dua ahli materi diperoleh persentase untuk SMA 89,17% dan SMK 89,58% yang berarti produk yang dikembangkan ini sudah efektif dan dapat dipergunakan. Adapun, spesifikasi dari hasil pengembangan media ini sebagai berikut: (1) Produkdikembangkan dalam bentuk aplikasi, (2) Aplikasi hanya untuk smartphone berbasis android dan dapat diunduh melalui playstore, (3) Aplikasi berisi soal-soal untuk try out ujian nasional akuntansi yang telah disesuaikan dengan kisi-kisi atau standar kompetensi lulusan (SKL) tiap tipe sekolah, (4) Ada tiga variasi try out dari setiap tipe sekolah, (5) Aplikasi ini didesain sebagai miniatur ujian nasional dengan waktu pengerjaannya (timer) mirip dengan waktu ujian nasional yang sesungguhnya, (6) Aplikasi dilengkapi dengan pembahasan jawaban per nomor soal try out dan (7) Ukuran dari aplikasi try out ujian nasional akuntansi ini hanya 5 MB. Dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan ini efektif untuk digunakan dalam pembelajaran

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *