Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Dalam Bentuk Ranking 1 And Point Combination Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Untuk Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi Smk Negeri 1 Malang

Karlina, Diah Ayu. 2016. Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Dalam Bentuk Ranking 1 And Point Combination Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Untuk Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi Smk Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sunaryanto, M.Ed., (II) Dr. Hj. Endang SA, S.E, M.Si., Ak.

Kata Kunci: Model Evaluasi Pembelajaran, Model Pengukuran, Ranking 1 and Point Combination

Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dapat meningkatkan perekonomian bagi negaranya. Pendidikan salah satu hal penting dalam meningkatkan SDM yang berkualitas. Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam dunia pendidikan, yakni evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan pemahaman siswa setelah adanya pembelajaran, serta efektivitas strategi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran yang jurang menyenangkan dapat menurunkan motivasi belajar peserta didik. Tidak hanya proses pembelajaran yang harus menyenangkan, tetapi evaluasi pembelajaran pun juga harus menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan yang timbul, diperlukan guru yang tidak hanya menguasai materi, tetapi guru yang memiliki keragaman dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu Mengembangkan model evaluasi pembelajaran dalam bentuk Ranking 1 and Point Combination pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Malang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Sugiyono. Subjek coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK 3 SMK Negeri 1 Malang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 34 siswa. Data Analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif presentase. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli pembelajaran sebesar 71,88%, ahli materi sebesar 80,77%, dan pengguna sebesar 80,34% sehingga dapat disimpulkan bahwa model evaluasi pembelajaran dalam bentuk Ranking 1 and point combination cukup valid, cukup efektif, cukup tuntas, dapat digunakan namun perlu perbaikan kecil dalam evaluasi pembelajaran akuntansi.
Saran pengembangan produk lebih lanjut: (1) Model evaluasi pembelajaran ini masih digunakan hanya di satu mata pelajaran dan satu sekolah. Pengembangan selanjutnya dapat mengembangkan materi dan soal akuntansi lain atau materi mata pelajaran lain dan disekolah lain, (2) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menguji keefektivitas model evaluasi pembelajaran ini dan membandingkan model evaluasi pembelajaran ini dengan model evaluasi pembelajaran lainnya, (3) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat merancang model evaluasi pembelajaran dengan konsep lain dengan tingkat pengendalian yang baik

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *