Pengembangan Model Pembelajaran Team Quiz Study Untuk Siswa Kelas XI IIS SMA Laboratorium UM

Soeprapto, R. Intan. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Team Quiz Study Untuk Siswa Kelas XI IIS SMA Laboratorium UM. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto, M.Ed., (II) Sriyani Mentari, S.Pd., M.M.

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Team Quiz Study, Akuntansi

Pendidik yang kreatif akan selalu menciptakan ide dalam merancang sistem pembelajaran yang membuat siswa dapat mencapai tujuan belajar. Sebelum melakukan proses pembelajaran sebaiknya pendidik terlebih dahulu menentukan model dan metode mana yang tepat untuk digunakan yang disesuaikan dengan mata pelajaran, jumlah siswa dan kondisi siswa itu sendiri agar tercapainya tujuan pembelajaran. Namun beberapa masalah yang timbul dari proses pembelajaran antara lain, guru yang menggunakan model pembelajaran yang monoton serta tidak adanya variasi dan inovasi dalam pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dan kesulitan memahami materi pelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru dituntut memiliki keragaman model dan strategi pembelajaran dan memiliki kemampuan mengembangkan model pembelajaran yang efektif, karena tidak ada model pembelajaran yang dirancang untuk mencapai segala jenis pembelajaran maupun berfungsi untuk semua gaya belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan model pembelajaran Team Quiz Study yang disertai buku pegangan guru dan siswa dalam mata pelajaran akuntansi kelas XI IIS SMA Laboratorium UM.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Subjek coba penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 2 SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 siswa. Data dianalisis menggunakan teknik analisis persentase. Hasil analisis keseluruhan validasi diperoleh nilai sebesar 77% dari ahli pembelajaran, 84% dari ahli materi, dari pengguna yaitu guru sebesar 82% dan siswa sebesar 85%. Sehingga rata-rata persentase keseluruhan sebesar 81% untuk model pembelajaran, 84% untuk materi pembelajaran yang terdapat didalam buku pegangan dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran beserta buku pegangan guru dan siswa yang dikembangkan layak serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Saran pengembangan produk lebih lanjut: (1) Model pembelajaran ini masih digunakan hanya di satu mata pelajaran dan satu sekolah. Pada pengembangan selanjutya dapat menggunakan materi atau mata pelajaran lain dan di sekolah lainnya. (2) Penelitian selanjutnya diharapkan dapat merancang dan mengembangkan model pembelajaran dengan konsep yang lain, (3) Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menguji efektifitas model pembelajaran Team Quiz Study dan membandingkan model pembelajaran ini dengan model pembelajaran lainnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *