Pengembangan Modul Berbasis Flipbook pada Mata Kuliah Komputer Akuntansi

Zulkifli, Kiky. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Flipbook pada Mata Kuliah Komputer Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA., (2) Sulastri, S.Pd., M.SA.

Kata Kunci: Modul Berbasis Flipbook, Komputer Akuntansi

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul berbasis flipbook pada materi komputer akuntansi yang nantinya digunakan oleh mahasiswa. Selain itu, modul berbasis flipbook ini dapat membantu mahasiswa dalam pemahaman konsep komputer akuntansi dan dapat digunakan sebagai suplemen pembelajaran mandiri bagi mahasiswa.
Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Langkah-langkahnya, yaitu: (1) penelitian dan pengembangan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk hasil uji coba lapangan awal, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup yang dilengkapi skala penilaian berdasarkan skala likert. Jenis data pada penelitian pengembangan ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi ahli dan pengguna kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif persentase. Sedangkan data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator ahli dan pengguna.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil validasi yang dapat diperoleh adalah ahli materi sebesar 80%, ahli media sebesar 100%, dan uji coba terbatas sebesar 77,24%. Sehingga apabila hasil tersebut dihitung secara keseluruhan, diperoleh rata-rata sebesar 85,75%, sehingga dapat disimpulkan bahwa produk modul akuntansi berbasis flipbook yang telah dikembangkan menarik perhatian mahasiswa dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *